Vita Marissa Gemilang, Indonesia Rebut Dua Gelar diUSA

0
143
views

Indonesia berjaya di USA.badminton

Turnamen USA Grand Prix Gold telah usai. Turnamen yang diselenggarakan dari tanggal 8 Juli ini selesai kemarin, 13 Juli. Indonesia menjadi juara umum dengan menyabet dua gelar sekaligus, di sektor Ganda Campuran dan Ganda Putri. Disusul dengan Thailand, Amerika Serikat dan Vietnam yang menyabet masing-masing satu gelar di sektor Ganda Putra, Tunggal Putri dan Tunggal Putra.

Indonesia hanya mengirimkan 3 wakil di ajang ini, Di sektor Tunggal Putra, Nathaniel Ernestyan menjadi harapan Indonesia yang kandas. Tapi dua lainnya di sektor Ganda Campuran dan Ganda Putri menjadi ajang untuk Pemain non-Pelatnas, Vita Marissa, unjuk gigi. Berpasangan dengan M. Rizal di Ganda Campuran dan Shendy Puspa di Ganda Putri, mereka berhasil mencapai partai final.

Pasangan Ganda Campuran, Vita Marissa/ M. Rizal, yang memainkan partai pertama, melawan wakil Thailand yang juga unggulan pertama, Maneepong Jongjit/ Sapsiree Tapteeranachai. Pasangan Indonesia berhasil menang dua set langsung, 16-21 19-21, untuk menyabet gelar Ganda Campuran. Gelar ini menjadi gelar kedua pasangan Indonesia tahun ini setelah menyabet gelar di Osaka IC.

loading...

Di sektor yang lainnya, yaitu Ganda Putri, Pasangan Vita Marissa/ Shendy Puspa yang bermain di partai ke-4, menantang Unggulan ke-3 asal Thailand lainnya, Puttita Supajirakul/ Sapssiree Tapteeranachai. Pasangan Indonesia pun menang dua set langsung, 21-15 21-10, untuk memastikan Indonesia membawa pulang dua Gelar Juara di turnamen ini.badminton1

Sementara itu di sektor lainnya, Tunggal putra asal Vietnam Nguyen Tien Minh yang menjadi unggulan pertama berjibaku dengan unggulan kedua asal Tiongkok, Chou Tien Chen. Tunggal Vietnam pun berhasil mengunci satu-satunya gelar untuk Vietnam dengan rubber set, 21-19 14-21 21-19.

Di sektor Tunggal Putri, Tunggal Putri asal USA yang dijadikan unggulan ketiga, Zhang Beiwen, menang mudah melawan Tunggal Jepang, Kana Ito, 21-8 21-17.

Thailand yang menempatkan tiga wakil di final, akhirnya berhasil membawa pulang gelar melalui sektor Ganda Putra. Pasangan Thailand yang menjadi unggulan ke-2, Maneepong Jongjit/ Niptiphon Puangpuaphet, melawan seteru-nya asal Denmark, Mathias Boe/ Carsten Mogensen, yang menjadi unggulan pertama. Pasangan Thailand berhasil memastikan gelar setelah melewati pertandingan yang panjang dan rubber set, 17-21 21-15 18-21.

USA Grand Prix Gold telah selesai. Indonesia yang berhasil merengkuh dua gelar seakan tidak mendapat atensi rakyat Indonesia karena bertepatan dengan Final Piala Dunia. Selain itu juga, memang ajang ini dinilai kurang bergengsi. Besok, 15 Juli, akan dimulai turnamen dengan kelas sama tapi lebih bergengsi, Taipei Grand Prix Gold. Indonesia yang mengirimkan banyak pemain muda potensial-nya berharap bisa melangkah lebih jauh dan semakin terasah.

Penulis: Fauzi Ananta

loading...