TNI AL Beli 2 Kapal Canggih dari Perancis Senilai US$ 100 Juta

0
192
views

Kapal ini rencananya akan digunakan untuk memetakan bawah laut perairan Indonesia.

Kapal TNI AL
Kapal TNI AL

Kepala Badan Ranahan (Badan sarana pertahanan keamanan), Rachmad Lubis kepada pers mengatakan, kontrak senilai US$ 100 juta atau setara Rp 1,2 triliun telah ditandatangani pada Oktober tahun lalu.

“Selain perusahaan asal Perancis, perusahaan asal Korea Selatan juga ada yang ikut tender. Namun, setelah mengkaji lebih dalam kapabilitas dan kandugan teknologi yang ada dalam penawaran masing masing, kita putuskan untuk membeli kapal dari perusahaan Perancis,” ucap Lubis dalam kunjungannya ke galangan kapal milik perusahaan OCEA SA di Les Sables d’Olonne, tempat kapal hidro oseanografi ini dibangun.

loading...

Kapal yang dipersenjatai meriam kaliber 20 mm dan senapan mesin berat kaliber 12.7 mm ini rencananya akan digunakan untuk pengawasan maritim dan urusan oseanografi.

Menurut spesifikasi pabrik, kapal berbobot 500 ton ini mempunyai kecepatan maksimal 16 knot dan menyediakan akomodasi bagi 30 kru dan 6 orang personel tambahan. Kepada wartawan, kepala Dinas Hidro Oseanografi (Dishidros) TNI AL, Kolonel Budi Purwanto mengatakan, kapal ini akan dilengkapi dengan sensor yang dapat memetakan kontur bawah laut sampai kedalaman 6000 meter. Kolonel Purwanto juga mengisyaratkan, kapal ini juga akan dilengkapi dengan perangkat anti kapal selam, namun, dia tidak memberikan detail lebih lanjut.

Rombongan kru pertama kapal ini dijadwalkan akan mengikuti latihan dan pengenalan selama 5 minggu di Les Sables d’Olonne pada Juli 2014. Kapal pertama dijadwalkan dikirim pada Januari 2015, sedangkan kapal kedua diperkirakan akan menyusul Oktober 2015. Seperti kapal bantu lainnya, kapal ini nantinya akan memakai nomor lambung kepala sembilan.

Penulis: Lucky L @bejo_junior

loading...