Tips Pintar Berbelanja

0
118
views

Ada lima tips supaya belanja lebih  aman.

aBatman v superman ben affleckLebaran telah berlalu dan uang THR pun menumpuk. Jika kamu adalah orang yang boros, maka waspadalah ketika menyimpan uang tersebut. Ingat untuk selalu menghargai uang apalagi ketika kamu sedang berbelanja. Bukan hal yang susah untuk mengeluarkannya atau bahkan mentransfernya lewat cara gesek debit atau berhutang dengan kredit, namun masalah ada di belakang ketika kamu sadar bahwa satu dua kali melakukannya sama dengan menghabiskannya dalam sekejap! Untuk itu, jadilah orang yang pintar ketika berbelanja dengan mengikuti tips berikut.

Tahu beda ‘butuh’ dan ‘ingin’

Selalu menyadari kedua hal tersebut adalah perilaku yang istimewa. Barang yang kita butuhkan itu berbeda dengan barang yang kita inginkan. Belum tentu ketika kita menginginkan sesuatu, maka sebenarnya kita membutuhkan barang tersebut. Untuk itu, sadari perbedaan kedua barang tersebut dan mulai memilah-milah barang yang kita pikirkan.

Mengutamakan prioritas

Ketika jenis barang sudah kita pahami maka hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menerapkan label prioritas di dalamnya. Cukup dengan memegang atau melihat barang dan memikirkannya sejenak. Jangan termakan oleh harga murah atau tulisan diskon besar-besaran lalu dengan segera lari menuju meja kasir. Kita harus memastikan bahwa barang itu merupakan barang yang menjadi prioritas utama kebutuhan. Ketika kita sudah yakin, kita boleh menambahkan unsur lain seperti harga dan kemudian menimbang lagi untuk membelinya.

Sediakan dan rencanakan biaya guilty pleasure

loading...

Menyisihkan uang untuk memuaskan rasa guilty pleasure mu adalah sesuatu yang halal namun akan berubah menjadi sangat dilarang ketika kamu tidak dapat mengaturnya dengan baik. Biaya guilty pleasure memang disediakan untuk memuaskan rasa haus akan belanja. Namun, sebenarnya biaya ini ada agar kamu bisa merencanakan pemuasan itu secara maksimal. Sediakan biaya guilty pleasure kemudian rencanakan penggunaannya. Misalnya kamu meyisihkan beberapa ratus untuk satu kali guilty pleasure dalam sebulan, dan kemudian mengeluarkan uang itu ketika sedang hang out bersama teman-teman untuk dihabiskan. Tetapi hanya satu waktu itu saja kamu boleh menghabiskannya tanpa menyentuh uang dari tabungan atau uang lain di dompet kamu dan begitu seterusnya.

Tinggalkan kartu-kartu di rumah

Menggesek kartu memang cara paling mudah dan paling sedikit meninggalkan bekas rasa bersalah. Jika kamu memang hanya berniat untuk melakukan window shopping atau mampir makan di mall, jangan sekali-kali membawa kartu kredit atau kartu ATM yang punya saldo banyak. Cukup dengan membawa uang cash dengan jumlah yang wajar atau keluarkan jatah uang guilty pleasure mu. Tinggalkan kartu-kartu istimewa tersebut di rumah untuk menghindari tagihan utang yang banyak dan atau uang tabungan yang habis tanpa bersisa.

Utamakan tarik uang ATM

Hindari gesek debit kartumu! Selalu gunakan fasilitas ATM. Gunanya adalah untuk meminimalisir pengeluaran belanja yang berlebih dan kamu bisa membatasi pengeluaranmu. Misalnya ketika kamu di mall dan akan berbelanja tas baru, maka sebaiknya kamu merencanakan dulu budget tas baru kamu dan mengambilnya dari ATM. Jika kamu memakai debit, maka akan ada kesempatan dimana kamu bisa mencurangi rencana budget mu sendiri atau bahkan menambah pembelian barang lain yang tidak sesuai rencana.

Penulis: Bunga Addinta @AddintaBng

loading...