Tim Cook Tegaskan Apple Tolak Kebijakan Imigrasi

0
215
views

CEO Apple, Tim Cook, mengirimkan email kepada semua karyawannya yang menyatakan bahwa dirinya tidak mendukung kebijakan imigrasi presiden Trump.

Tim Cook berusaha menjelaskan kepada pihak pemerintah Amerika mengenai dampak negatif yang ditimbulkan oleh kebijakan tersebut. Melalui macrumor, tersapa mencoba menerjemahkan surat dari Cook yang kurang lebih berbunyi:

loading...
“Team,
Dalam percakapan kami bersama pemerintah di Washington minggu ini, saya telah membuat pernyataan pentingnya imigrasi–selain untuk keberlangsungan perusahaan juga bagi masa depan negara. Apple tidak akan eksis tanpa adanya imigrasi, apalagi Apple sampai bisa berkembang dan berinovasi seperti saat ini.
Saya telah mendengar banyak keluhan kalian (karyawan) tentang kebijakan larangan imigrasi untuk tujuh negara mayoritas muslim yang baru saja diluncurkan kemarin. Saya membagikan keresahan kalian. Ini bukanlah sebuah kebijakan yang harus kita dukung.
Ada beberapa keryawan di Apple yang secara langsung terkena dampak kebijakan imigrasi. Divisi Legal and Security di Markas Besar Apple sedang mencoba untuk terus berkomunikasi dengan mereka (karyawan). Dukungan terus kita lakukan melalui AppleWeb yang berisi pertanyaan seputar kabijakan imigrasi dan bisa diakses semua orang. Kita juga berusaha menjelaskan kepada Gedung Putih (pemerintah) mengenai dampak negarif dari kebijakan tersebut yang berimbas pada karyawan dan perusahaan.
Seperti yang sering saya tegaskan bila keberagaman menciptakan kekuatan dalam tim. Dan jika ada satu masalah yang menimpa orang-orang di Apple, kita harus bisa mendukung dan berempati sedalam-dalamnya. Saya tahu, saya bisa mengandalkan kalian semua untuk memastikan setiap orang di Apple merasa diterima dan dihargai.
Apple itu terbuka. Terbuka untuk semua orang, tidak peduli dari mana asalnya, bahasa yang dia gunakan, siapa yang dia sembah atau kagumi. Karyawan kita adalah representasi dari semua talenta di dunia yang berasal dari seluruh penjuru bumi.
Dalam kutipan dari Dr. Martin Luther King, “We may have all come on different ships, but we are in the same boat now.”
Tim”

Surat dari Tim Cook ditujukan untuk kebijakan larangan imigrasi yang ditandatangani oleh Tump sejak Jumat akhir Januari kemarin. Surat diserahkan oleh Tim ketika dirinya berada di Washington untuk membahas ekonomi dan industri teknologi bersama Ivanka Trump dan Jared Kushner. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh CEO yang mendunia seperti, Jeff Bezos–CEO Amazon, Satya Nadella–CEO Microsoft, dan Elon Musk–CEO Tesla yang juga ikut mendiskusikan berbagai topik termasuk kebijakan imigrasi.

loading...