tersapa.com | Spectacular 10: Serial TV Terbaik 2015

0
1776
views

mr robot banner tersapacom

Daftar terbaik untuk kategori serial TV ini tergolong terlambat ketika tersapa mengeluarkannya. Bukan karena belum disusun–bahkan list ini lebih dulu kelar dibuat dibanding kategori film–, tapi karena membuat verdict serial TV tidak segampang kelihatannya. Penilaian deskriptif serial TV cukup kompleks sebab terdiri dari banyak episode. Jelas tidak semuanya berjalan mulus, namun pasti ada momen-momen yang membuat penontonnya seperti ditohok. Entah itu oleh momen kurangajar, karakter kurangajar, atau twist yang kadang datang dengan cara kurangajar.

Atas dasar itulah, meskipun urutan 1 hingga 10 sudah ada di tangan sejak lama, perumusannya dalam bentuk tulisan membutuhkan waktu dan ruang yang sangat melar. Sampai-sampai ada beberapa serial TV di list yang sudah punya season baru ketika daftar ini dirampungkan. Inilah Spectacular 10 tersapa.com untuk kategori serial TV.

 

10. Wayward Pines (Season 1) – 8.5/10

Saya dibuat gamang untuk menentukan posisi 10, sebab ada tiga judul yang memperoleh nilai sama. Selain Wayward Pines, ada Humans dan Hannibal. Tapi pada akhirnya Wayward Pines-lah yang saya anggap lebih berhak. Saya memiliki hubungan love-hate relationship dengan serial ini. Sebenci-bencinya dengan season finale-nya–agaknya pihak studio sangat pesimistis–, saya kembali teringat bahwa fase pengisahan antar episode Wayward Pines sangatlah bagus. Season premiere-nya berhasil merenggut atensi dan menciptakan balon-balon tidak sabar buat pekan-pekan selanjutnya. Untung saja, berkat kesuksesan yang di luar dugaan, serial ini batal berumur cuma satu season, bakal ada lanjutannya.

 

09. Gotham (Sepanjang 2015) – 8.8/10

Gotham sudah membuat jatuh cinta bahkan ketika masih berada di level pilot. Itulah sebabnya, jalinan kompleks hingga musim keduanya menjadi pembeda sekaligus nilai plus tak terelakkan dibanding serial TV lain yang terinspirasi dari komik superhero. Season pertama adalah membangunan fondasi dasar antar karakter yang rapi–meskipun di beberapa episode tampil melelahkan, season keduanya adalah a big deal! Semua verdict di musim perdana digunakan sebagai senjata di suksesornya ini. Bahkan lebih beringas lagi: villains yang ada tidak hanya tampil ingusan dan minim kesempatan, modelnya adalah saling terhubung membentuk simpul rumit. Menarik melihat bagaimana tiap karakter akan diolah dan dibawa oleh para penggawanya ke depan.

 

08. Shameless (Season 5) – 9/10

Shameless tetaplah Shameless. Serial ini tetap tampil frontal dan apa adanya. Inilah yang membuat saya terus mau mengikutinya. Di saat banyak serial TV bangga berjalan stagnan dengan unsur komedi ecek-ecek, Shameless masih cukup berani lewat sarkasmenya. Keluarga yang nampak hacur-hancuran, namun sebenarnya berjalan di atas banyak kejujuran.

 

07. Game of Thrones (Season 5) – 9/10

Nampaknya tidak perlu banyak penjelasan. Di berbagai situs dan media sosial, keramaian perbincangannya sudah layaknya pasar. Intinya, serial TV berseting kerajaan paling dicintai di dunia ini tetap menggunakan formula yang sama di season lima: awal yang lambat pun seolah terpecah-pecah, diikuti oleh bridging pelan di tengah musim, dan diakhiri oleh twist serta kebrutalan di penghujung. Buncahan penasaran buat season 6!

loading...

 

06. Jessica Jones (Season 1) – 9/10

Tiga episode pertama sungguh cobaan terberat. Seolah kepingan kaca yang berserak dan sulit melihat refleksi mana yang harus terus diwaspadai. Setelahnya, Jessica Jones akan langsung menciptakan efek mind-blowing!

 

05. American Horror Story: Hotel – 9.2/10

Kalau disuruh memilih satu alasan terkuat mengapa AHS bisa bercokol di daftar ini, jawabannya: Lady Gaga! Karakternya sangat hidup! Apalagi ditambah dengan ekspresi muka serta gesturnya. Setiap kehadirannya adalah cekatan napas bertahap. Aspek lainnya yang tidak bisa ditinggalkan adalah AHS ini artsy banget! Tabir pengisahannya mungkin membuat dahi berkerut-kerut, namun menikmati kemasan lengkapnya merupakan kebahagiaan tersendiri. Salah satu season terbaik dari lini AHS.

 

04. Better Call Saul (Season 1) – 9.5/10

Ketika list ini saya selesaikan, Better Call Saul musim kedua sudah mulai berjalan. Ini adalah spin-off dari serial Breaking Bad yang bagi saya pribadi sangat legendaris. Better Call Saul menjelma menjadi serial yang: memang seharusnya begini spin-off itu dieksekusi. Serial ini masih membawa kerumitan yang dibalut kesederhanaan–layaknya Breaking Bad. Jimmy belum menjadi Saul. Saking sederhananya, plot dikisahkan seriil mungkin layaknya kita mengamati tetangga samping rumah dari waktu ke waktu. Untuk sebagian orang, mungkin model penceritaan semacam ini menjadi cukup menyiksa. Tetapi, saya sangat menikmatinya.

 

03. Narcos (Season 1) – 10/10

Di masa ketika urutan ketiga sudah saya beri label 10/10, berarti 2015 memiliki tiga serial TV dengan nilai sempurna. Lebih gilanya lagi, dua di antaranya diproduksi oleh Netflix–bahkan ada tiga serial dari Netflix di list ini. Perjalanan kartel narkotika tidak pernah ada habisnya. Kali ini sosok Escobar-lah yang diikuti secara intens. Terma “intens” di sini bukan tanpa alasan, Narcos berjalan luar biasa intens! Perumpamaannya begini: kalau di serial TV lain sebuah rangkaian kejadian bisa dipecah ke dalam tiga episode, Narcos tidak mengizinkannya, Narcos akan membuat sequence itu menjadi satu episode yang padat. Hasilnya: TOP NOTCH! Hati-hati, Narcos adalah serial TV tanpa ampun.

 

02. Daredevil (Season 1) – 10/10

Saya mulai benar-benar mengakui kehebatan Drew Goddard setelah menyelesaikan Daredevil musim pertama. Daredevil adalah paket lengkap serial TV untuk sebuah sajian tentang hero yang sudah saya nantikan sejak lama. Netflix mampu meramu Daredevil menjadi serial yang humanis dan sangat kuat fondasinya, tidak peduli penonton bakalan suka atau tidak. Yang jelas, hal ini akan sangat berguna untuk season-season selanjutnya. Selain itu, segelap apa pun musim pertama petualangan Matt Murdock ini, saya tetap dibuat ngakak di banyak bagian oleh gesture, love-hate relationship, pun aspek komikal yang sebenarnya disamarkan. Saya dibuat jatuh cinta secara sukarela kepada serial ini. Ketika list ini selesai saya tulis, musim keduanya sudah keluar.

 

01. Mr Robot (Season 1) – 10/10

MR ROBOT ADALAH KEAJAIBAN! Saya benar-benar kehabisan kata untuk mendeskripsikan betapa briliannya Mr Robot. Saya bahkan sudah dibuat terkapar sejak episode pertama. Berbagai kegamangan yang selama ini selalu berputar-putar di benak saya, dibidik dengan tepat oleh serial ini. Apalagi penutup musim pertamanya sukses menohok dengan telak. Pertanyaan selanjutnya: sebagus apa, sih? Jawabannya: silakan buktikan sendiri, pegang verdict saya.

loading...