#SpectacularTen 10 Serial TV Terbaik 2017 (Bagian 1)

0
562
views

Pelan-pelan layar kaca kita tidak cuma didominasi oleh kisah kriminal (meski tentu saja tema ini tetap laris diadaptasi), dunia serial di 2017 memiliki kontrak eksklusif dengan berbagai isu penting. Sebut saja gun control, domestic abuse, perbudakan, filosofi, fantasi, dan seterusnya. Untung saja, berbagai terobosan itu semakin didukung penuh lewat bukti gelontoran dana yang makin masif saja (hingga bisa dibilang: tak kalah dengan sinema).

Seperti Spectacular Ten tahun lalu, daftar terbaik ini turut dipecah ke dalam dua postingan. Bagian pertama tersedia di tersapacom, sedangkan bagian kedua dapat dibaca di Ngepopcom. Yang sedang kamu baca ini adalah bagian pertama.

Sebelum masuk ke sepuluh besar serial terbaik tahun ini, terdapat honorable mentions yang berisikan series dengan skor 9/10 tetapi tidak berhasil masuk ke dalam daftar. Honorable mentions di 2017 ini diberikan kepada: This Is Us (S02), The Handmaid’s Tale (S01), Alias Grace (S01), The Deuce (S01), Black Mirror (S04), dan The Good Doctor (S01).

Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah Spectacular Ten kategori Serial Terbaik hasil kerja sama tersapa dan Ngepop.

#10 Big Little Lies (S01)

Mati-matian saya berusaha mempertahankan Big Little Lies dalam daftar sepuluh besar. Meskipun beberapa elemen finale-nya sempat membuat saya kecewa (karena mestinya bisa ada subteks yang lebih ditekankan sehingga aksi “final”-nya menjadi semakin bermakna); tetapi secara utuh, ini tetaplah serial yang penting. Sebuah gambaran tentang parenting modern sekaligus merongrong perkara prasangka dan domestic abuse; di 2017 ini, kemelut tersebut sangat butuh diberikan ruang supaya menciptakan diskusi terbuka yang semakin luas. Dengan bahasan yang sedemikian berat, Big Little Lies toh mampu mengemasnya dengan begitu tenang dan menghanyutkan. (9/10)

loading...

#9 Stranger Things (S02)

Chapter 2 dari Stranger Things mengambil seting waktu tidak lama setelah kejadian di Chapter 1 berakhir. Mengerti bahwa yang membuat serial ini disayangi oleh penontonnya di seluruh dunia adalah sensasi nostalgia (meski tidak hidup di era 80-an), amunisi inilah yang terus dipompakan ke dalam elemen pengisahannya (plus elemen mencekamnya ditambah dosis sekian kali lipat). Namun terlepas dari itu semua, musim kali ini berhasil tampil prima karena berani mengambil risiko dengan tidak meletakkan Eleven kembali di posisi utama (iya, perannya krusial, tapi kali ini bukan dia bintang utamanya). Alih-alih, Will-lah yang memperoleh spotlight (mengingat di musim sebelumnya porsinya begitu minim). Lewat penokohannya yang polos tetapi penuh dengan nestapa, Will yang diperankan oleh Noah Schnapp menjadi salah satu penampilan terbaik di 2017. (9.2/10)

#8 Legion (S01)

Legion adalah serial superhero paling filosofis tapi juga memuaskan. Bahan bakar utamanya adalah kesan bahwa tayangan ini tidak takut untuk melakukan coba-coba. Keberanian (atau kenekatan?) narasi ini membuatnya memiliki episode yang luar biasa bagus dan luar biasa buruk dalam satu tarikan musim. Dan Stevens menampilkan olahekspresi yang begitu sublim di sini. (9.2/10)

#7 Narcos (S03)

Setelah era Escobar berakhir di musim kedua Narcos, serial ini tidak mau kehabisan bahan bakar begitu saja, kartel Cali langsung diperkenalkan dengan lebih mendalam kepada penonton. Tentu saja, cara kerja Cali dan Escobar berbeda, dan inilah yang menjadi pembeda–sekaligus yang membuat musim ini lumayan istimewa. Kalau lobi-lobi Escobar sering impulsif dan bar-bar terang-terangan, para penggedhe kartel Cali ini memilih bermain bersih–meskipun praktik di baliknya tidak kalah keji. Entah disengaja atau tidak (dan sebenarnya sudah terbaca sejak musim kedua), agaknya Narcos memang mengarahkan serial ini untuk membuat penonton berempati kepada para kartel. Dan sekali lagi, empati itu berhasil ditransfusikan. (9.2/10)

#6 Bates Motel (S05)

Setelah dihantam oleh musim keempatnya yang begitu fenomenal. perjalanan Norma dan Norman Bates akhirnya mesti berjumpa dengan series finale-nya. Rela tidak rela. Beruntung, serial ini berada di tangan yang tepat. Kita memperoleh jawaban-jawaban yang proper sebelum akhirnya mesti mengucap salam perpisahan kepada Bates Motel untuk selamanya. (9.5/10)

Untuk BAGIAN KEDUA, silakan KLIK DI SINI atau klik gambar di bawah.

loading...