Seribu Satu Keindahan Merbabu via Wekas

1
543
views

Ingin short trip menyenangkan? Cobalah mendaki Gunung Merbabu.

merbabuTidak memerlukan waktu lama dari Yogyakarta untuk mencapai jalur pendakian Merbabu via Wekas. Cukup menggunakan sepeda motor dengan biaya murah dapat menikmati pengalaman yang lumayan mahal. Sepanjang perjalanan Yogyakarta-Magelang, Merbabu dengan ketinggian mencapai 3.145 mdpl-nya, berdiri gagah bersanding dengan Gunung Merapi.

Sekitar dua jam perjalanan, sampailah kami di basecamp pendakian, suhu udara telah mampu membuat badan merindukan kehangatan. Sepanjang mata memandang, terlihat jelas ladang garapan penduduk sekitar. Sebelum memulai pendakian, kami diharuskan melakukan registrasi untuk memasuki Taman Nasional Gunung Merbabu.

Diperlukan waktu total 7-8 jam pendakian menuju puncak. Akan tetapi pendakian tersebut tidak sepenuhnya ditempuh dalam sekali waktu saja. Terdapat beberapa sudut sepanjang pendakian untuk sekedar beristirahat dan menikmati pemandangan kota Magelang dari ketinggian.

loading...
merbabu
Sun rise dari pos dua

Keunggulan pendakian jika dilakukan via wekas adalah adanya camping ground di pos dua. Lapangan luas terhampar dan di tumbuhi semak belukar yang selalu menjadi tempat favorit para pendaki. Tidak hanya itu, mata air pun selalu siap sedia digunakan sewaktu-waktu untuk memasak perbekalan.

merbabu
Pemandangan dari Puncak Kentheng Songo

Setelah cukup berisirahat panjang, pendakian dimulai lagi untuk memangkas lima jam berikutnya. Sensasi mendaki gunung dimulai dari sini. Kami harus melewati berbagai tipe rute pijakan, mulai dari tanah yang basah, batu kerikil hingga batu besar. Pemandangan yang disuguhkan Pencipta alam semesta pun terasa mampu membayar lelah yang didera. Lekuk tubuh Merbabu sendiri pun terlihat jelas dengan dihiasi hamparan sabana dan bukit-bukit dari berbagai penjuru.

Sebenarnya ada berbagai puncak yang ada di Merbabu yakni Puncak Geger Sapi, Puncak Menara, Puncak Syarief dan Puncak Kentheng Songo. Dalam perjalanan kali ini, nama terakhir yang disebut menjadi tujuan perjalanan kami karena pemandangan yang ditawarkan mampu mengalahkan pemandangan dari puncak-puncak lainnya. Dari Kentheng Songo pula, Merapi menyapa dengan sangat dekatnya. Sun rise yang ditawarkan pun memanjakan mata karena mampu membelah cakrawala.

 

loading...
  • tersapa

    Yuk, share juga pengalaman kalian yang lain