Selamatkan Arktik: Waktunya Memisahkan Sponsor “Kotor”

0
145
views

Gazprom merupakan perusahaan gas dan minyak terbesar di Rusia dan dunia.

google plus FINAL

Sepak bola, bagi orang awam hanyalah sekadar hobi yang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Namun, berbeda jika telah masuk ke dunia professional, Sepak bola bisa dibilang telah menjadi perpaduan antara hobi, seni, politik dan bisnis.

86765_139990

Bisnis di dunia persepakbolaan, seperti sponsor, telah menjadi denyut nadi sebuah klub. Sponsor menjadi pilar pendiri sekaligus penghidupan untuk sebuah klub agar bisa terus “hidup” di dunia kompetisi. Namun, ada beberapa sponsor ‘kotor’ yang seharusnya dihapus dari dada setiap pemain saat memainkan si kulit bundar. Sponsor apa itu?

loading...

Gazprom, salah satu sponsor yang tentu tidak asing bagi para penikmat permainan ini. Schalke, Chelsea dan CSKA Moskva telah menikmati pundi-pundi uang hasil kerjasamanya dengan Gazprom. Schalke, bahkan, menaruh Gazprom sebagai sponsor utama, dengan meletakkan logo-nya di dada setiap pemain saat bertanding di lapangan.

Memang, sekilas tidak ada yang aneh dengan gerak-gerik Gazprom di dunia sepak bola. Namun di balik itu, sesuatu yang tidak dapat dihargai adalah apa yang dilakukan Gazprom di Arktik. Jauh dari warisan kemenangan, Gazprom memimpin pertandingan yang akan meningkatkan bahan bakar fosil dalam skala ekstrim di seluruh dunia.

Gazprom akan memulai produksi di rig Prirazlomnaya pada 2014. Kegiatan ini meningkatkan resiko tumpahan minyak mentah di kawasan yang merupakan habitat beruang kutub, anjing laut, dan sejumlah burung laut langka. Minyak saja haram berada di lapangan sepak bola, apalagi minyak yang tumpah di Arktik. Tentu lebih dari itu: sebuah malapetaka.

Menurut para ilmuwan, Arktik berputar di luar kendali. Saat planet bumi semakin memanas, es mencair, Gazprom serta perusahaan lainnya terus bergerak untuk melakukan pengeboran. Kegiatan ini akan membuat bumi semakin panas dan berujung pada semakin banyaknya es yang mencair.

loading...