Robot Pepper, “Pasangan Impian” Buatan Jepang

0
182
views

Mendapatkan pasangan ideal yang selalu mengerti perasaan bukan hanya impian lagi.

Robot Pepper
Robot Pepper

Perusahaan Softbank asal Jepang berkolaborasi dengan Foxconn dan Aldebaran Robotics berhasil mengkreasikan idenya dalam menciptakan sebuah robot yang dapat memahai perasaan bernama Pepper.

Robot ini mampu berinteraksi dengan manusia dengan cara meniru perilakunya. Tidak hanya itu, Pepper juga mampu membaca dan memahami perasaan emosional dengan mengamati ekspresi wajah, kontrol suara dan variabel lainnya pada manusia.

Pepper akan memproses input data serta menganalisisnya kemudian memutuskan bagaimana dia akan memberikan reaksi terhadap manusia di depannya. Intensitas Pepper dalam melakukan interaksi juga akan meningkatkan kemampuan dia dalam memahami dan mempelajari tingkah laku manusia.

loading...

Tidak seperti robot berbasis humanoid sosial lainnya, Pepper hanya berfokus pada interaksi manusia. Hal bisa dilihat dengan atribut fisik yang terbatas, seperti,hanya diberi 20 motor penggerak dan tidak dilengkapi dengan kaki.

Sedangkan untuk memaksimalkan kinerjanya, Pepper dilengkapi dengan kamera, mikrofon, sensor 3D, sensor sentuh, bahkan akselerometer dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Dikutip dari vr-zone.com, Pepper juga menggunakan Aldebaran Robotics ‘NAOqi OS, konektivitas Wi-Fi, dan Cocoro SB untuk mengakuratkan analisis emosi dan pengambilan keputusan. Layar sentuh 10 inci tidak lupa ditambahkan di bagian dada yang dapat mengekspresikan dirinya sendiri ketika berkomunikasi menggunakan bentuk visual.Robot ini rencananya dijual secara komersial paling lambat bulan Februari 2015. Mengenai harganya, paling murah dibandrol dengan harga US$ 2000 atau setara 23 juta rupiah.

Penulis: Arifin @Prasetija

Editor: Aef Anas @a_ef

loading...