Rawon Kota Pahlawan Jadi Pilihan Santap Goyang Lidah

Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia dikenal dengan keanekaragaman kulinernya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki banyak sekali jenis makanan khas yang dibuat dari berbagai macam bahan. Rasanya juga beragam, dari manis, asin, asam, pedas, atau perpaduan rasa, semuanya bikin lidah ketagihan. Tidak heran dong kalau wisata kulineran di Indonesia ini cukup populer di dunia, khususnya di Asia.

Nah, salah satu daerah yang cukup bangga dengan kulinernya yaitu Kota Surabaya. Surabaya yang dikenal dengan kota industri ini punya kulineran yang bisa bikin lidah kamu bergoyang. Dari makanan utama hingga makanan penutup, Surabaya menyajikan kuliner lezat dan berkesan di hati.

Rawon Pertama Di Indonesia

Di Kota Surabaya, kamu akan menemukan banyak sekali makanan khas yang tidak kamu temukan di daerah manapun. Jadi kalau berniat wisata kuliner di Surabaya, jangan sampai biarkan perutmu kosong. Karena di Surabaya, kamu akan disajikan berbagai makanan yang bikin lidah ketagihan sampai perut kenyang.

Makanan pertama yang wajib kamu coba ketika sampai di Kota Surabaya yaitu Rawon. Seperti yang diketahui, makanan ini menjadi makanan khas asal kota pahlawan. Makanan ini merupakan sajian potongan daging besar dan empuk dengan kuah yang kaya akan citarasa rempah-rempah. Karena di Surabaya sendiri dikenal dengan cita rasa masakannya yang pedas, maka jangan lupa pakai sambal jika menyantap makanan satu ini.

Rawon yang paling terkenal di Kota Surabaya adalah Rawon Setan. Tapi jangan berpikir kalau rawon ini benar-benar Rawon Setan ya. Bukan juga rawon yang memiliki rasa paling pedas. Diberi sebutan Rawon Setan, ternyata dulunya tempat makan khas rawon ini bari dibuka pada pukul 10 malam. Beda dari yang lain bukan?

Terletak di Jalan Embong Malang, Surabaya, tepatnya di depan Hotel JW Marriot Surabaya, tempat ini dikatakan sebagai Rawon Setan yang asli dan pertama yang ada di Indonesia. Jadi jangan ngaku wisata kulineran di Surabaya kalau belum nyicip Rawon Setan.

Jangan Lupa Makanan Penutup!

Setelah puas dengan makanan utamanya, jangan lupa ditutup dengan yang ringan khas Surabaya. Mungkin setelah makan Rawon Setan, lidah kamu bisa kepanasan menahan sambal pedanya arek Surabaya. Dan saatnya beralih ke yang dingin, yaitu Ice Cream Zangrandi. Sama halnya dengan Jakarta yang punya es krim Ragusa, Surabaya tidak mau kalah dengan Zangrandi-nya.

Ice Cream yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso 15, Surabaya ini, sudah berusia 86 tahun. Alias dibangun pada tahun 1933 silam pada masa colonial Belanda. Di sana, kamu tidak sekedar menikmati lezatnya es krim yang lembut dengan berbagai bentuk dan rasa, tetapi juga bisa nostalgia atau berfoto-foto dengan arsitektur bangunan yang masih kuno. Bangunan Ice Cream Zangrandi ini memang masih bernuansa bangunan Eropa Kuno. Ditambah lagi, di dalamnya kamu akan diajak menjelajah masa lalu Ice Cream Zangrandi hingga perkembangannya di masa sekarang.

Nah, jika kamu ingin membandingkan rasa es krim khas Jakarta dengan es krim kota pahlawan, saya sarankan untuk segera menyusun rencana liburan kulineran di Surabaya. Dijamin tidak akan menyesal. Dari Jakarta ke Surabaya menggunakan transportasi udara dapat ditempuh dalam waktu 1.5 hingga 2 jam-an. Kamu bisa langsung memesan tiket pesawat Jakarta Surabaya menggunakan Pegipegi melalui website atau aplikasi.

Pegipegi menawarkan tiket pesawat yang dapat dipesan lewat online. Dengan pembayaran yang dapat dilakukan dengan banyak pilihan bank, mempermudah kamu untuk memesan tiket secara cepat. Harga tiket pesawat Jakarta Surabaya bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 700 ribuan rupiah. Belum lagi dengan promo yang kadang diberikan. Dengan Pegipegi, siap meluncur ke Rawon Setan dan Ice Cream Zangradi. Pesan sekarang dan nikmati liburan kuliner di Kota Pahlawan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *