Polisi Anti Huru-Hara Bubarkan Sejumlah Pengunjuk Rasa Satu Jam Sebelum Pembukaan Piala Dunia 2014

0
126
views

demo brasil

Polisi anti huru-hara di Sao Paolo, membubarkan sejumlah pengunjuk rasa yang menentang Piala Dunia 2014 di Brasil. Kerusuhan tersebut terjadi Kamis (12/6/2014) siang waktu setempat, tepat satu jam sebelum pertandingan pembuka antara tuan rumah melawan Kroasia di Arena Corinthians Stadium.

Sebanyak 200 pengunjuk rasa berkumpul di bawah banner bertuliskan “Without Rights, There Won’t Be A World Cup”. Perkumpulan ini awalnya diprakarsai melalui jejaring media sosial Facebook yang mampu menarik lebih dari 10.000 orang untuk hadir berpartisipasi.

loading...

Polisi terpaksa menggunakan gas air mata dan sejumlah tembakan peluru karet untuk menghalau mundur masa agar tidak masuk ke kereta bawah tanah Carrao. Hal ini dilakukan agar para pendemo tidak dapat mencapai Radial Este Avenue yang mengarahkan langsung ke Arena Corinthians Stadium, seperti yang sudah mereka rencanakan sebelumnya.

Beberapa orang dikabarkan terluka dalam huru-hara tersebut, termasuk produser CNN. Polisi juga menangkap beberapa orang pengunjuk rasa yang dianggap sebagai provokasi dalam kejadian yang berlangsung.

Aksi yang dilancarkan warga Brasil merupakan sebuah bentuk protes terhadap pemerintah yang dianggap memboroskan anggaran negara demi menyelenggarakan Piala Dunia. Hal ini tentunya sangat ironis, mengingat sejumlah layanan umum seperti transportasi, rumah sakit dan sekolah tidak menjadi perhatian serius oleh pemerintah demi menyukseskan gelaran akbar empat tahunan tersebut.

 Penulis Abiyoga Anantya @abiyog_a

loading...