Berbagai macam aspek penting yang mana selalu mencuat karena penyakit saluran pencernaan bisa disebabkan oleh pola makan tidak teratur. Ditambah lagi ada beberapa kondisi yang bernama Amebiasis. Tidak sedikit masyarakat belum tahu apa itu pengertian amebiasis. Meskipun dari sisi gejala dan juga akibatnya sedikit merepotkan, ternyata penyakit ini bisa dicegah dan ditangani secara intensif.

Amebiasis sendiri menjadi satu penyakit akibat adanya infeksi yang ditimbulkan dari parasit yang masuk ke dalam bagian kelenjar getah bening dan pembuluh darah.

Pengertian Amebiasis

Menjadi satu pengetahuan penting bagi masyarakat untuk mengerti apa yang dimaksud dengan amebiasis. Dari berbagai sumber telah didapatkan bahwa pengertian amebiasis ini adalah infeksi yang bisa disebabkan oleh sebuah parasit bernama Entamoeba Histolytica. Meskipun masih dikatakan sebagai gangguan kesehatan akibat adanya parasit, ternyata gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini masih cukup sulit dideteksi.

Kita bisa melihat gambaran klinik dari terjangkitnya seseorang ketika oleh Entamoeba Histolytica ini diantaranya terjadinya kerusakan jaringan cukup luas di submukosa ataupun terjadinya infeksi sekunder. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, akan ada perluasan kerusakan yang semakin parah terutama pada bagian pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Sifat persebaran dari parasit tersebut yakni lebih ke jenis hematogen dimana akan menginfeksi organ tubuh yang jauh bukan yang terdekat.

Berdasarkan pengertian amebiasis ini penderita biasanya akan mengalami masa infeksi mencapai kurang dari 1 bulan. Tetapi, semua dari gejala dan juga proses infeksi tergantung pada penanganan awalnya, sehingga ada sejumlah pencegahan infeksi menyebar hingga tidak ada komplikasi lebih parah pada bagian pembuluh darah ataupun pada bagian kelenjar getah bening.

Jenis Amebiasis

Informasi mengenai Amebiasis ini juga memperlihatkan beberapa jenis ataupun tipe. Ada dua tipe amebiasis intestinal dan juga ekstra intestinal. Keduanya memiliki pengertian berbeda kemudian dari gejalanya juga tidak sama. Berikut ini ada dua jenis amebiasis yang perlu Anda ketahui.

Amebiasis Intestinal

Pada amebiasis intestinal ini memiliki dua kategori yakni akut dan juga kronis. Pastinya dua tingkatan tersebut memiliki tingkatan berbeda dari sisi proses gejala dan juga durasi rasa sakitnya.

Amebiasis Intestinal Akut

Pada amebiasis intestinal akut bisa terjadi karena seseorang mengalami gejala berat kemudian dari waktunya tidak lebih dari satu bulan. Beberapa gejala seperti peradangan akut di bagian kolon memunculkan ulkus sehingga terjadilah syndrome disentri yang menjadi kumpulan gejala yang diperlihatkan dengan ciri-ciri berak encer ataupun bisa bercampur dengan darah dan juga lendir. Beberapa gejala yang cukup akut bisa memberi gejala nyeri anus waktu berak.

Amebiasis Intestinal Kronis

Dari pengertian amebiasis di atas bisa kita cermati bahwa tipe amebiasis intestinal kronis menjadi satu gejala ringan namun tidak disertai dengan demam. Ada gejala rasa tidak nyaman di area perut, kemudian disertai rasa mual dan diare bergantian dengan obstipasi. Sedangkan dari tekstur tinja yang dikeluarkan rata-rata berbentuk padat, kemudian kadang terdapat bercak darah hingga lendir yang tidak merata.

Amebiasis Ekstra Intestinal

Pada tipe amebiasis ekstra intestinal ataupun sering disebut amebiasis kolon ekstra intestinal ini bisa berada di dalam pembuluh darah. Penyebarannya sendiri melalui darah, kemudian dari infeksi ke orang meliputi paru-paru, hati, dan otak masih bisa terjadi.

Berdasarkan pengertian amebiasis di atas ada banyak ilmu pengetahuan bisa kita dapatkan mengenai apa itu amebiasis dan seperti apa gejala hingga cara-cara mencegahnya. Penanganan dari amebiasis ini harus cepat ditangani oleh ahlinya, sehingga faktor kebersihan dan menjaga makanan jadi kunci pencegahannya.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *