Mitokondria, Pengertian, Fungsi dan Gambar

Pengertian Mitokondria

Mitokondria adalah salah satu organel sel yang ada di dalam sitoplasma. Fungsi dari mitokondria sendiri adalah sebagai respirasi sel pada makhluk hidu. Selain itu ada juga fungsi lain yang di miliki oleh mitokondria yaitu fungsi metabolisme asam lemak, biosintesis pirimidana, transduksi sinyal seluler, homeostasis kalsium, dan penghasil energi. Mitokondria memiliki 2 lapisan, yaitu lapisan membran luar dan lapisan membran dalam. Lapisan membran dalam biasa berbentuk lipatan-lipatan yang sering disebut cristae atau krista. Lapisan membran dalam ini memiliki ruangan yang disebut dengan istilah matriks, matriks adalah tempat mineral. Sel sel yang memiliki mitokondria dapa di temukan di beberapa bagian organ dalam tubuh, contohnya adalah jantung, hati, dan otot.

Seperti yang dijelaskan pada gambar diatas bahwa, di dalam mitokondria sendiri terdapat 2 lapisan membran juga, yaitu ruang membran dan matriks. Membran bagian luar tidak dapat dilalui oleh protein maupun molekul-moleku kecil. Sedangkan ruangan diantara kedua membran biasa disebut dengan intermembran.

Ada hipotesis mengenai mitokondria, yaitu yang mana mitokondria adalah organel sel yang berevolusi dari sel α-proteobacteria prokariota yang ber-endosimbiosis  dengan sel eukariota. Hipotesis tersebut di dukung oleh dua fakta, yaitu fakta pertama adalah adanya DNA dalam metokondria yang membuktikan bahwa mitokondria dulu adalah sesuatu yang terpisah dan tidak menjadi satu dengan induknya atau inangnya. Sedangkan fakta yang kedua adalah membuktikan bahwa adanya kemiripan antara mitokondria dengan bakteri yang sifatnya bisa membelah diri menjadi dua, dan juga struktur DNA yang berbentuk lingkaran. Oleh sebab itu mitokondria memiliki sistem genetik tersendiri dan berbeda dengan sistem genetik inti.

Fungsi utama mitokondria

Fungsi utama dari mitokondria adalah sebagai pabrik energi sel yang memproduksi energi dalam bentuk ATP. Yang di mana metabolisme karbohidrat berakhir dan di transport menjadi O2 (Oksigen) dan CO2 dan air.

Siklus Hidup

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa, mitokondria bisa memecah atau mereplika dirinya layaknya siklus hidup bakteri, kemiripan lain adalah memiliki struktur DNA berbentuk lingkaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *