Kuliner | “Churro Cru” Kelezatan Spanish Doughnut Pinggir Jalan

0
624
views

churro

Hujan selalu punya cerita, tidak terkecuali bagi para jomblo. Sendiri tidak melulu berarti sepi. Ada banyak hal yang bisa dilakukan jomblo demi menikmati suasana hujan seorang diri. Menikmati kudapan hangat, salah satunya. Bagi jomblo yang berdomisili di Jogja, ketika rintik air turun menghantam genteng kos, cobalah keluar dan melipir ke Jakal Km 5. Jangan lupa untuk mengenakan jas hujan, tentu saja. Ingat, kamu jomblo—kalau sakit harus merawat diri sendiri.

Kudapan hangat tidak selalu berupa menu berkuah seperti sup jagung atau wedang ronde. Di Jakal Km 5, kamu akan menemukan sebuah gerai mini, sangat mini hingga tidak menyisakan ruang untuk bersantap di tempat. Gerai ini menjual churros. Ya, churros. Spanish doughnut.

loading...

Sejak 2013, churros dengan cepat menjadi makanan favorit banyak orang, khususnya kaum muda. Camilan asal Spanyol ini dikategorikan sebagai donat meskipun bentuknya tidak bulat. Bentuk churros justru seperti kecipir karena memanjang dan bergerigi.

Gerai churros biasa ditemui di mal. Namun, Churro Cruz dapat dengan mudah diakses karena letaknya di pinggir jalan. Ada dua porsi yang ditawarkan, cup size dan box size. Cup size seharga Rp12.500,- berisi 6 buah churros dengan 1 dipping sauce. Sedangkan box size berisi 12 buah churros dengan 2 dipping sauce, dihargai Rp 20.000,-. Ada empat pilihan rasa untuk dipping sauce: Milk Choco, White Choco, Green Tea, dan Caramel.

Green tea menjadi rasa yang paling diminati. Tekstur sausnya lembut dengan kekentalan yang pas, rasa manisnya pun tidak berlebihan. Untuk churros-nya sendiri, adonan tepungnya matang rata, sehingga tekstur yang dihasilkan lembut tetapi renyah. Di Churro Cruz, taburan yang digunakan hanyalah gula halus, bukan cinnamon alias kayu manis.

Churros yang dicelupkan ke saus memunculkan perpaduan rasa gurih-manis yang sungguh memanjakan lidah. Sensasi lezatnya semakin kuat tatkala disantap hangat-hangat di tengah dingginnya hujan. Terlebih jika dinikmati seorang diri, lebih kenyang, lebih puas.

Penulis: Alya Nurbaiti

loading...