Kita Berubah Sejak Ada iPhone!

0
130
views

Tahun ini akan menjadi ulang tahun iPhone ke-10. Rumor iPhone dengan berbagai fitur, termasuk layar lengkung OLED hingga fast charging sudah beredar. Namun, pernahkah kamu terbayang jika dulu Steve Jobs terlalu malas untuk mengembangkan iPhone?

Dahulu smartphone paling canggih adalah Nokia. Hampir semua orang memilih Nokia sebagai teman beraktivitas. Saat itu Nokia masih memakai OS Symbian dan menjadi produsen telepon genggam terbesar di dunia. Sampai akhirnya iPhone pertama kali dikenalkan di tahun 2007 dengan harga $499.

Kita harus mau mengakui jika Jobs adalah sosok pendongeng hebat dalam mengenalkan iPhone. Sejatinya, iPhone hanyalah telepon genggam biasa dengan layar sentuh. Tahun sebelumnya pun sudah banyak telepon genggam dengan teknologi layar sentuh, tidak ada yang baru. Rahasianya ada pada acara Jobs menyampaikan ke audiens. Dia mengenalkan iPhone sebagai sebuah telepon genggam revolusioner yang sangat mudah digunakan, semudah sentuhan jari tangan. Dan “boom” jadilah iPhone seperti sekarang.

iPhone kemudian perlahan menggeser Nokia. Smartphone lain mulai bermunculan menawarkan alternatif, dia adalah Android. Sekali lagi kita bayangkan, apa jadinya dunia tanpa iPhone yang merombak telepon genggam dengan model layar sentuh? Berikut adalah rangkuman dari Cnet bahwa iPhone mengubah kita memandang dunia.

1. Kita menjadi multitasking, mengenal teknologi dengan beragam model layar dan mengenal tablet sebagai alternatif smartphone.

Setelah Apple menawarkan iPhone dengan ukuran segenggaman tangan, muncul iPad berlayar lebar untuk keperluan multimedia yang lebih praktis. Kita mengenal produk serupa dengan sebutan tablet. Mirip smartphone hanya saja berlayar lebih besar dengan level kepraktisan yang sama

2. Kita menjadi makhluk pencari WiFi, selalu siaga dan takut kehabisan kuota.

Tanpa kita sadari, koneksi internet menjadi kebutuhan pokok melebihi papan dan pangan. Kita mencari koneksi tidak peduli tempat di mana, makanannya apa, bahkan harga berapapun asalkan bisa “konek”.

loading...

3. Setiap orang adalah model!

Kita mengenal kamera sudah sejak sebelum iPhone tiba, bahkan di berbagai telepon genggam sudah dibekali dengan kamera. Namun kata “selfie” baru akrab setelah iPhone.

4. Kemunculan e-commerce.

Percaya atau tidak, iPhone pertama kali tidak dibekali dengan Apps Store. Konsep toko elektronik baru dikenalkan di iPhone 3G dan selanjutnya muncul puluhan e-commerce lain. Kita semakin akrab dengan belanja online.

5. Sentuhan digital.

Sentuhan adalah hal paling sederhana untuk menggunakan teknologi, begitulah kata Jobs. Sejak hadirnya layar sentuh dari iPhone, hampir setiap gawai kita temui berlayar sentuh. Bahkan anak zaman sekarang melihat layar tidak bisa disentuh saja kaget bukan main. Padahal sebelum-sebelumnya, layar yang kita kenal tak bisa difungsikan dengan sentuhan.

6. Melihat dunia lebih sederhana.

Live streaming sedang banyak digunakan di berbagai media sosial, termasuk Facebook. Kita mengenal dekat fitur ini setelah adanya kamera depan yang terhubung dengan internet. Posting video lebih mudah, bahkan media seperti Bigo Live makin laris setiap harinya. Semua bermula berkat iPhone.

7. Tersesat adalah bagian dari petualangan!

iPhone mengenalkan konsep GPS yang terhubung langsung dengan smartphone. Kita tidak perlu takut berada di tempat asing. Semua tempat terasa familiar dan sesempit antar muka iPhone.

8. Game menjadi lebih sensasional.

Sebelum adanya iPhone, sulit menemukan game high definition (HD). Kemampuan grafis meningkat, tidak hanya 2D. Bahkan selanjutnya teknologi VR membantu kita lebih “intim” dengan game yang kita mainkan. Meski harus diakui, perkembangan VR justru tidak dipelopori oleh iPhone.

9. Tidak bawa cash tak masalah.

Ya, kita tak perlu bawa uang cash lagi. “Dompet” kita berpindah ke iPhone. Hampir semua pembayaran bisa dilakukan hanya dengan Apple Wallet.

10. Semua lebih dekat!

Yang paling penting dari semuanya adalah teknologi menjadi lebih dekat. Kita tak harus membawa banyak barang untuk berbagai keperluan. Senter? Ada di iPhone, Dompet ada, kalkulator ada, musik ada, menonton film juga mudah, kamera juga ada. Setiap teknologi semakin didekatkan menjadi satu perangkat saja, iPhone.

Sumber: Cnet Consumer Electronics Show
loading...