Kerjasama Shell Lego Ancam Arktik

0
144
views

Beruang kutub dan satwa es Arktik lainnya terancam.

Shell--Lego
Shell-Lego

Semasa kecil, Arktik tidak menjadi suatu yang asing. Binatang-binatang lucu dan menakjubkan, lokasi nyaman karena jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, sekaligus tempat di mana imajinasi bisa terbang bebas. Itu lah citra tentang pulau Arktik dari Lego, perusahaan mainan terbesar di dunia. Tapi, apakah seperti itu kenyataannya?

Tidak, itu hanyalah sedikit informasi dari Lego. Ada hal besar yang ditutup-tutupi. Apa itu?

Lego bekerja sama dengan perusahaan minyak, Shell. Shell mengeruk minyak dengan menghancurkan es Arktik. Shell pun mengakui itu–citranya menjadi buruk. Namun, langkah jenius mereka ambil, yaitu menggandeng Lego untuk memperbaiki citra, sebuah langkah gemilang untuk Public Relation Officer Shell.

loading...

Lebih dari 16 juta produk kerjasama Shell-Lego telah terjual di 26 negara. Shell sangat puas dengan pencapaian itu dan berharap promosi lebih jauh bisa dilakukan tahun ini.

Pemanasan global telah menjadi ancaman dunia, dan menghancurkan Arktik akan memperparah dampak yang ditimbulkan. Dengan membiarkan kerjasama Shell—Lego, ditakutkan anak-anak akan terbawa dengan permainannya dan menganggap seolah semuanya biasa saja.

Padahal, anak-anak mencintai beruang kutub, walrus, dan pinguin yang bergantung dengan lingkungan es. Kini Shell telah mengancam keberadaan Arktik, dan banyak kalangan yang berharap hal tersebut tidak terus berlanjut. Masyarakat dunia mulai berbondong-bondong menyerukan agar kerjasama Shell dan Lego diputus.

Organisasi Greenpeace pun mengeluarkan beberapa langkah agar Lego memutus kontrak dengan Shell. Seperti dengan mengeluarkan petisi online yang bisa ditandatangani di sini.

Untuk membaca lebih jauh tentang kerjasama antara Shell dan Lego, kamu bisa mengunduh filenya di sini.

Penulis: Fauzi Ananta @NotFauziAnanta

Editor: Aef Anas @a_ef

loading...