Menuntut ilmu atau belajar merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia. Karena sains adalah sesuatu yang akan dicapai tidak lain dari proses pembelajaran. Belajar mandiri merupakan kegiatan yang sangat penting karena menjadi landasan bagi mereka yang belum mengetahui dan kemudian menyadarinya. Apalagi saat ini, kedudukan ilmu pengetahuan menurut Islam dianggap sangat penting sebagai syarat seseorang untuk menjalani kehidupan di masa depan.

Dikutip dari kemukjizatanalquran.com Islam sendiri menjadikan ilmu atau pembelajaran sebagai kegiatan yang wajib dilakukan seperti pada ayat Alquran tentang perjalanan. Karena belajar tentang agama dan ilmu pengetahuan lainnya dapat membantu seseorang dengan mudah menentukan jalan hidupnya dan mendapatkan apa yang diinginkannya.

Pentingnya penelitian dan kajian telah dijelaskan dengan jelas dalam berbagai topik baik untuk mempelajari ayat-ayat suci Alquran maupun hadits Nabi SAW. Tentu hal ini menjadikan posisi belajar dalam Islam menjadi sangat penting. Hal ini dikarenakan Nabi Muhammad SAW juga berpesan kepada umatnya untuk terus belajar terutama tentang ilmu agama atau tauhid Islam yang kemudian akan menuntun kita menuju kebaikan. Untuk mempelajari esai tentang belajar dalam Islam, berikut adalah beberapa kedudukan pembelajaran dalam Islam beserta alasannya.

1. Tempat Terhormat

Ridho senang dengan mereka yang berjihad dalam belajar sampai ALLAH SWT naik pangkat. oleh karena itu jelaslah bahwa seorang muslim yang ikhlas dalam studinya akan menuai banyak manfaat dan keuntungan. dia akan selalu hidup dengan cara Islami dan sesuai dengan hukum Nabi Muhammad.

2. Tak Kenal Batas

Seperti kata pepatah “Mencari ilmu di China”. Intinya sama dengan hadits yang tertulis dalam kata-kata, dimana belajar atau belajar adalah sesuatu yang bisa dilakukan setiap saat. Tanpa mengetahui batasan umur, jenis kelamin, status dan lainnya. Hal ini tentunya menjadikan posisi belajar penting dalam Islam.

3. Hidayah dan Ilmu adalah Buah Dari Belajar

Pembelajaran merupakan proyek yang dapat memberikan nilai positif. Bahkan banyak dari mereka yang merubah penampilan atau hal-hal yang berkaitan dengan ibadahnya setelah mempelajari agama dengan seksama. Semakin banyak Anda belajar, semakin Anda ingin tahu dan Anda ingin tahu lebih banyak. Tidak jarang mereka yang menjalani proses pembelajaran spiritualitas dibimbing agar dapat menjalani kehidupannya dengan baik dan sesuai dengan syariat Islam.

4. Menjemput Hidayah

Posisi belajar dalam Islam juga bisa menjadi penting sebagai upaya mencari tuntunan. Karena bila hati termotivasi untuk memperdalam ilmu agama melalui belajar, Allah SWT.

5. Landasan Taqwa

Dalam Islam, mempelajari ilmu agama secara khusus merupakan cara untuk menjadi pribadi dan menjalani kehidupan yang lebih baik. Karena ilmu yang berguna adalah pahala yang nilainya tidak akan dipotong walaupun manusia sudah mati.

6. Esensi dari Turunnya Firman Allah SWT

Dalam Firman-Nya kita diajari membaca berdasarkan pengetahuan dalam Islam. Tentunya hal ini menegaskan bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala mempersembahkan diri-Nya kepada hamba-Nya yang mengajari mereka hikmah-Nya yang meliputi tulisan, ucapan dan makna. Jadi ilmu adalah salah satu bukti yang menunjukkan tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala, itu juga argumen yang paling luhur dan paling jelas. Dan ini sudah cukup sebagai bukti keunggulan dan kejayaan ilmu.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *