Jepang Akan Bebaskan Visa bagi Indonesia

0
189
views

Tidak lama lagi traveller Indonesia bisa pergi ke Jepang tanpa harus mengurus visa.

Contoh Visa Jepang
Contoh Visa Jepang

Ada kabar baik bagi traveller Indonesia yang ingin melakukan perjalanan ke Jepang. Pemerintah Jepang secara resmi telah mengumumkan kebijakan bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Seperti yang telah diumumkan oleh Pemerintah Jepang di Tokyo, Selasa (17/6), kebijakan bebas visa ini berlaku maksimum untuk 15 hari perjalanan. Tetapi, kebijakan ini hanya bisa dinikmati oleh WNI pemegang e-passport. Nantinya e-passport ini akan dihubungkan ke sistem komputer keimigrasian Jepang untuk mengidentifikasi identitas pengguna. Paspor tersebut sebelumnya juga harus didaftarkan ke Kedubes Jepang atau Konjen Jepang di Indonesia.

loading...

Bagi WNI yang belum menggunakan e-passport, mereka tetap diharuskan memiliki visa jika ingin berkunjung ke Jepang. Meskipun begitu, Pemerintah Jepang akan memberikan kemudahan dalam hal persyaratan aplikasi visanya. Terutama dalam perjalanan secara berkelompok, seperti grup tur yang diadakan oleh agen perjalanan.

Namun, menurut dubes RI untuk Jepang, Yusron Ihza Mahendra, belum ada kepastian kapan kebijakan ini akan diberlakukan. “Tetapi, dengan adanya pengumuman resmi tersebut, mengisyaratkan bahwa pemberlakuan bebas visa itu semakin dekat,” jelasnya sebagaimana yang dirilis oleh KBRI Tokyo.

Selain Indonesia, negara – negara ASEAN lain yang juga mendapatkan kemudahan persyaratan adalah Filipina dan Vietnam. Bagi kedua negara tersebut, penyederhanaan prosedur pembebasan visa akan dilakukan oleh dinas pariwisata Jepang bagi wisatawan yang mendaftarkan perjalanannya pada agen-agen yang telah ditunjuk oleh Pemerintah Jepang.

Diolah dari nationalgeographic.co.id & republika.co.id

Penulis: Farras Muhammad @frstoday

Editor: Aef Anas @a_ef

loading...