Jawab Tantangan Era Virtual Reality, Google Kenalkan Cardboard

0
110
views

Google perkenalkan cardboard murah untuk Virtual Reality dari bahan kardus bekas.

Cardboard
Cardboard

Tidak gila jika bukan Google namanya. Inovasi baru selalu muncul di pabrik Google. Rabu (25/6) ketika konferensi I/O digelar, sebuah kardus diperkenalkan kepada audiens. Mereka sukses membuat hadirin mengira bahwa itu hanyalah sebuah goodie bag biasa. Ternyata Google menyulapnya menjadi perangkat Virtual Reality. Berbekal kardus yang dilengkapi lensa, magnet, tali pengikat, dan gelang karet, Google menciptakan cardboard. Anda hanya tinggal meletakkan ponsel Android di dalamnya, kemudian pengalaman menggunakan Oculus bisa langsung dirasakan.

loading...

Spesifikasi handset minimal adalah OS Android 4.2 (Jelly Bean). Google Cardboard telah diuji dengan Nexus 4 dan 5, Moto X, Galaxy S4 pun S5, dikatakan, semua pengujian berjalan dengan baik.

Selain untuk mejawab tantangan Facebook mengenai produk Oculus, langkah ini ditempuh Google untuk mengatasi masalah harga Vitual Reality yang masih sangat mahal. Keberadaan Virtual Reality yang langka, juga masih menjadi kendala utama dalam memperoleh produk ini. Tetapi Google berhasil menghadirkan jawaban sederhana hanya dengan menggunakan kardus tertentu yang sudah tidak terpakai, cardboard murah bisa dibuat sendiri. Mengenai desainnya, gambar Google cardboard telah diedarkan di internet untuk orang-orang yang ingin mencoba membuatnya sendiri.

Penulis: Arifin P @Prasetija

Editor: Aef Anas @a_ef

loading...