iPhone Sering Dipinjam? Takut Dikepo? Kini Ada Solusi Praktisnya!

0
207
views

Sebagai pemilik iPhone, akan ada sedikit perasaan khawatir bila iDevice kita dipegang orang lain. Meskipun teman terdekat yang meminjam, rasa was-was selalu ada. Entah takut buka-buka galeri atau malah iseng sampai mengotak-atik media sosial dengan memasang status aneh-aneh.

Untuk menghindari itu, sebenarnya iPhone memiliki sistem proteksi yang mudah dan praktis. Pada dasarnya, fitur ini difungsikan untuk menjauhkan iPhone dari jangkauan anak-anak agar perilakunya selama bermain iPhone dibatasi. Nah berikut cara mengaturnya.

tap-on-restrictions-and-enter-passcode-on-iphone

Pertama kalian harus punya iPhone dulu ya, jika belum punya beli dulu.

Kedua, ikuti instruksi di bawah ini:

– Buka pengaturan (settings)

– Masuk ke umum (general)

– Scrol sampai menemukan menu pembatasan (restrictions)

– Hidupkan dan buat passcode baru

***

Jangan sampai orang lain tahu passcode-mu, kalo tahu ya percuma. Jadi fitur ini akan membatasi orang lain dan memposisikan mereka sebagai “tamu” di iPhone kita. Buat yang penasaran apa saja yang bisa dibatasi oleh fitur ini, berikut tersapa sajikan:

loading...

ios10-iphone6s-settings-general-restrictions-enabled

1. Membatasi orang lain agar tidak menggunakan credit card-mu

Ini penting karena kamu bisa bangkrut mendadak dalam sehari jika credit card kamu dipakai orang lain. Bahkan Safari, camera, dan FaceTime juga bisa dibatasi.

2. Membatasi orang lain agar tidak mengubah setingan iPhone

Di beberapa kasus, tindakan usil bahkan sampai mengubah password atau passcode, baik tersangka sadar maupun tidak sadar. Bayangkan iPhone kamu jadi harus nganggur tidak bisa digunakan dan terjadilah hard reset.

3. Membatasi konten yang diakses orang lain pada iPhone

Ini yang paling keren. Kalian bahkan bisa membuat konten spesifik yang hanya bisa diakses orang lain termasuk website-website tertentu. Kamu bisa membatasi musik apa saja yang boleh didengarkan orang lain, sampai film apa saja yang bisa ditonton. Jadi koleksi film dewasa kamu aman terkendali.

4. Membatasi penggunaan games di iPhone

Fitur ini ditujukan untuk anak-anak yang suka main game. Terutama pada akses game yang melibatkan koneksi online agar tidak tersambung pada aplikasi pihak ketiga atau multiplayer games.

5. Membatasi privasi yang melibatkan lokasi, microphone dan media sosial

Karena privasi makin mahal hargaya di dunia maya, fitur ini bermanfaat agar orang lain tidak menyebarkan informasi detail penting, seperti lokasi, ke website, atau media sosial.
Ini membuat privasi kita menjadi rawan untuk diketahui orang lain. Bagi kamu pemilik iPhone yang menyimpan sejuta rahasia, gunakanlah fitur ini sebaik mungkin sebelum dikepo.

loading...