iPhone 2017 Bersertifikat IP68, Lebih Tahan Debu dan Air!

0
368
views
Ilustrasi

Apple berencana memperkuat iPhone 2017 dengan sertifikat IP68-rated water resistance.

Seritifikat ini akan jauh lebih baik daripada iPhone 7 dengan IP67-certified. Namun, ini bukan teknologi baru pada smartphone. Saat ini smartphone yang telah bersertifikat IP68-certified barulah Samsung Galaxy S7.

Setiap nomor dari IP68 memiliki makna. Angka 6 menunjukan jika nantinya iPhone akan lebih baik menahan debu. Hampir tidak ada debu yang bisa masuk ke dalam mesin iPhone 2017.

loading...

Sementara angka 8 menunjukan jika iPhone 2017 akan lebih baik menahan air saat tenggelam. Sebagai perbandingan, Galaxy S7 dengan sertifikat yang sama bisa bertahan 1,5 jam di dalam air selama 30 menit. Itu berarti iPhone 2017 akan sangat aman dipakai untuk berenang selama tidak lebih dari 30 menit di kedalaman 1-1,5 meter.

Sertifikat ini juga mendukung pekerja lapangan, seperti di pertambangan karena iPhone lebih tahan debu dan bisa dibilas jika kotor.

iPhone 7 saat ini memiliki sertifikat IP67 yang memiliki ketahanan yang sama terhadap debu, tetapi tidak bisa menahan air dengan cukup baik. Ketahanan IP67 di dalam air hanya sebatas 15 sentimeter sampai dengan 1 meter secara teori.

Meskipun iPhone 2017 akan memiliki sertifikat IP68, bukan berarti bisa diajak bermain air setiap hari. Ini hanya alat pengaman untuk iPhone. Ketahanan air dan debu pun bisa menurun seiring pengunaan waktu. Terlebih lagi, Apple tetap tidak memberikan garansi jika iPhone terkena air dan mati. Artinya, kita tetap disuruh berhati-hati menggunakan iPhone 7 di dekat air dan kondisi berdebu.

loading...