Google Turut Rayakan Piala Dunia

0
158
views

Goolge akan memproduksi Doodle setiap hari yang berkaitan dengan Piala Dunia selama gelaran akbar ini berlangsung.

Salah satu Doodle yang menggambarkan pertandingan Spanyol vs. CHili
Salah satu Doodle yang menggambarkan pertandingan Spanyol vs. CHili

Jika membuka Google, anda akan menemukan sebuah gambar menarik dengan sebutan Google Doodle di atas kolom search. Doodles merupakan sebuah gambaran atau dekorasi yang terdapan di laman utama Google saat ada perayaan atau persitiwa sejarah tertentu.

Doodle yang sudah diluncurkan sejak tahun 1998 dan telah dikaitan dengan beribu event, membuat sejarah bagi dirinya sendiri. Untuk pertama kalinya, Doodle turut serta dalam suatu rangkaian event yang sedang berlangsung. Hal ini dilakukan guna merayakan Piala Dunia 2014  di Brasil yang memakan waktu satu bulan penuh.

“Kami talah membuat hampir 400 Doodle setiap tahunnya,” ujar pimpinan tim Google Doodle, Ryan Germick.

“Banyak yang harus dikoordinasikan dan direncanakan, tapi untuk pertama kalinya, kami tidak tahu apa yang akan terjadi,”

loading...

Keterangan yang dijelaskan oleh Germick dapat dimaklumi mengingat setiap pertandingan yang dimainkan tidak bisa diprediksi siapa yang keluar sebagai pemenag dan berapa gol yang dihasilkan.

Pertandingan antara Amerika Serikat vc. Ghana
Salah satu pertandingan antara Amerika Serikat vs. Ghana

Sebagai contoh Doodle yang dihasilkan selama Piala Dunia ini, datang dari pertandingan Amerika Serikat melawan Ghana. Di gambarkan ada dua sosok Elang—simbol ikonik dari kedua negara—yang sedang mengerami telurnya. Tapi yang membedakannya adalah Amerika mempunyai dua telur Elang—gambaran dari dua gol yang berhasil diciptakan—sedangkan Ghana hanya ada  satu telur Elang.

“Kami tidak mau berlebihan tentang olahraga. Kami tidak sepenuhnya mendukung dan merayakan para atlet. Tidak akan ada tampilan yang menunjukan bagaimana Ronaldo mencetak gol, karena memang bukan seperti itu kami bekerja.

“Sebisa mungkin, kami mencoba menunjukan sisi budaya yang terkandung dalam Piala Dunia. Dengan melakukan observasi dan melihat hal-hal kecil tentang budaya maka akan menjadi sesuatu hal yang sahih,” tambahnya.

Penulis: Abiyoga Anantya @abiyog_a

loading...