Gawat! Kebiasaan Ini Membuat MacBook-mu Cepat Rusak

0
333
views

macbook pro 2016 touch bar tersapacom

Bagi kamu yang menginginkan MacBook tidak cepat rusak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama untuk menjaga MacBook agar tidak luntur dari nuansa “baru”. Kalau kamu sering melakukan kebiasaan ini, MacBook-mu bisa cepat rusak. Biaya service-nya juga tidak murah, apalagi kalau sampai harus beli MacBook baru. Berikut tips menjaga MacBook supaya tetap dalam kondisi prima.

1. Matikan MacBook Saat Akan Dibersihkan

Bila ingin membersihkan MacBook terutama keyboard dan monitor yang seringkali kotor, kamu harus memastikan MacBook dalam keadaan mati. Kondisi mati bertujuan agar pengguna tidak salah menekan tombol saat sedang membersihkan. Mematikan MacBook juga menghindari adanya konsleting jika proses pembersihan melibatkan bahan cair.

2. Jangan Gunakan Kain Sembarangan Saat Membersihkan MacBook

Kain pembersih biasanya disertakan dalam pembelian MacBook. Namun bila kain tersebut hilang, jangan semabarang menggunakan kain pembersih. Kain paling direkomendasikan untuk membersihkan MacBook berbahan microfiber seperti kain pembersih kaca mata. Jangan semprot langsung cairan pembersih ke MacBook! Cuku semprotkan pada kain pembersih dan sapukan dengan satu arah.

loading...

3. Hindarkan MacBook dari Matahari Langsung

Hal ini berlaku tidak hanya untuk MacBook sebenarnya karena perangkat elektronik rentan terhadap radiasi matahari. Bagi kamu pekerja lapangan, letakan MacBook pada tempat yang teduh. Apabila MacBook sering terpapar matahari, kondisi layar monitor akan menurun. Performa MacBook juga menjadi berkurang.

4. Hindarkan Peletakan Minum di Dekat MacBook

Bagi kamu yang suka minum kopi saat mengerjakan tugas, ini perlu diperhatikan. Noda kopi atau minuman sangat sulit hilang kalau sampai tumpah ke MacBook. Itu belum yang terparah, bagian menariknya MacBook-mu bisa mati mendadak. Ya, iyalah.

5. Jangan Menggunakan MacBook di Tempat Empuk

MacBook mirip seperti laptop yang menggunakan kipas untuk mendinginkan mesin. Kipas di dalam MacBook berputar selama mesin dinyalakan. Selama itulah banyak kotoran masuk terhisap terutama debu. Sementara tempat empuk seperti Kasur sangat banyak mengandung debu yang menempel. Apabila sering meletakan MacBook di atas Kasur, kemampuan kipasnya akan berkurang dan debu mudah masuk. Akan membutuhkan biaya tambahan untuk membersihkan bagian dalam MacBook.

6. Jangan Sering-Sering Menghidupkan Mode “Sleep” Saat Tidak Digunakan

Menutup MacBook langsung saat tidak digunakan bisa menurunkan performanya. Paling aman menutup MacBook saat tidak digunakan selama satu jam saja, lebih dari itu lebih baik dimatikan. Prosesor tetap bekerja selama MacBook dalam keadaan sleep, untuk itu biarkan MacBook kamu istirahat saat tidak digunakan.

7. Tambahan, Kamu Bisa Menggunakan Minyak Kayu Putih Untuk Membersihkan Noda Sticker

Minyak kayu putih adalah salah satu cara mudah dan murah untuk membersihkan MacBook. Meskipun banyak dijual cairan pembersih yang mahal, kamu masih bisa berhemat dengan menggunakan minyak kayu putih. Pembersihan keyboard juga bisa dilakukan dengan cara ini. Usap bagian kotor dengan jari, ratakan dan jangan sampai kebanyakan, tunggu 2-3 menit lalu dilap kain microfiber.

Source: Apple Tips
loading...