Game | Limbo: Petualangan yang Menantang

0
436
views

Title: LIMBO | Genre: Adventure, Indie | Developer: Playdead | Publisher: Playdead | Release Date: 2 Aug, 2011

Bayangkan jika Kamu terbangun dan tersesat di sebuah hutan antah berantah nan kelam sendirian. Hal ini akan Kamu alami ketika memainkan Limbo.

Limbo merupakan game side-scrolling di mana pemainnya harus melompat, berayun dan memutar otak untuk memecahkan semua masalah.

limbo-cover

Nama Limbo diambil dari istilah Limbo yang memiliki banyak makna bila dilihat dari segi religi, kebudayaan, maupun segi non-religi. Pada intinya makna kata Limbo di sini dapat diartikan sebagai suatu ruang dan waktu yang berada pada ‘perbatasan neraka’, diambil dari bahasa Latin limbus yang berarti batas. Suasana mistis dan kelam di dalam game benar-benar menggambarkan betapa muramnya ketika kita terjebak pada situasi seperti ini, situasi yang dialami oleh seorang bocah laki-laki yang tidak bernama. Ia terbangun di tengah hutan belantara yang tidak jelas asal-usulnya, selagi mencari kakak perempuannya yang menghilang.

Tugas Kamu dalam game ini adalah memandu sang anak melewati dataran gelap untuk mencapai tujuan akhir. Seiring perjalanan Kamu akan mulai mengetahui apa yang terjadi sebenarnya. Untuk menggerakkan karakter Kamu cukup gunakan tombol arah untuk bergerak maju atau mundur dan tombol ctrl untuk melompat.

Seiring perjalanan, Kamu akan menemukan berbagai jebakan, rintangan dan juga musuh. Tugas Kamu adalah mencari cara untuk melalui rintangan tersebut, namun di sinilah letak keseruan game ini. Contohnya ketika sebuah troli menghalangi jalan sehingga Kamu harus menarik atau mendorongnya. Seiring permainan berlanjut rintangan dan jebakan semakin sulit dan juga kreatif. Salah satu rintangan tersulit dalam game ini adalah ketika menghadapi laba-laba raksasa. Kamu diharuskan untuk menggunakan perangkap untuk mematahkan kaki laba-laba tersebut namun perangkapnya terletak di atas pohon yang tinggi. Solusinya sederhana, masuk akal dan membutuhkan kesabaran. Dan meskipun kesannya si bocah lelaki ini nampak lesu, namun ada banyak aksi yang harus dilakukan mulai dari mendorong kayu gelonggongan, berayun di tali, melompati jurang, dan masih banyak lainnya.

Di tengah perjalanan, Kamu akan menemui seorang gadis yang tiba-tiba lenyap sebelum Kamu dapat menggapainya hingga pada akhirnya hutan yang berbahaya ini akan sampai ke sebuah kota mati. Dengan berbagai puzzle menantang di dalamnya, Kamu akan terbawa kembali ke dalam hutan dan bertemu kembali dengan si gadis misterius.

limbo-ending

Keindahan dalam game Limbo adalah jarang sekali ada jebakan atau rintangan yang sama. Setiap kali melewati sebuah daerah maka rintangan yang Kamu hadapi selalu berbeda dan itu yang membuatnya menjadi game yang sangat solid. Namun di sisi lain Kamu akan sering mati dalam game ini (ratusan kali) karena memang game ini tidak dirancang untuk dipecahkan dalam 1 kali jalan. Biasanya Kamu harus mengamati apa yang terjadi jika melakukan keputusan A atau B kemudian apa dampaknya, bahkan terkadang sebuah puzzle dapat diselesaikan hanya dengan berdiam dan menunggu sesuatu terjadi.

loading...

Di sinilah Limbo juga membawa element of surprise-nya, ketika sedang berjalan santai tiba-tiba ada laba-laba raksasa yang datang dan lalu menggulung Kamu menjadi kepompong. Atau ketika melompati platform yang terlihat cukup aman tiba-tiba jebakan besi berat jatuh dari atas. Hal tersebut akan membuat kaget, belum lagi ditambah dengan suasana yang gelap.

limbo-2

Cerita Limbo memang tergolong unik dengan ending yang tidak memberikan penjelesan yang cukup mengenai inti cerita Limbo. Tidak heran jika para fans  memberikan banyak asumsi mengenai ending cerita Limbo. Di samping ceritanya yang cukup unik dan tak masuk akal, Limbo memiliki kemasan game yang sangat maksimal, mulai dari tampilan layar awalnya hingga akhirnya game ini tamat dimainkan.

Maksimal di sini maksudnya adalah penampilan detail game yang sangat misterius, penuh dengan tantangan yang spontan, namun tetap dihadirkan dalam bentuk yang simpel di sepanjang game. Tampilan game ini cukup unik karena tidak ada warna-warni yang beragam. Semua didominasi dengan warna hitam, putih serta abu-abu. Karakter yang bermunculan di game juga hanya merupakan siluet saja.

Sistem kendali game ini juga terasa sangat halus, seolah-olah seperti memiliki tingkat frame rate animasi video yang sangat tinggi, dan sangat responsif. Desain karakter dan dunianya sangat maksimal, kualitas animasi dan efek suaranya sangat harmonis. Interaksi antara unsur platformer dan unsur puzzle di dalam game ini saling berpacu secara dinamis, sehingga sedikit sekali Kamu bisa temukan cara untuk memecahkan puzzle secara statis atau berdiam diri lama-lama. Limbo cukup mampu menantang Kamu agar bisa berpikir cepat dan bereaksi cepat juga terhadap rintangan yang ada di depan.

Satu kekurangan dari Limbo adalah alur kisah ceritanya yang aneh, tidak masuk akal dan berujung tanpa kejelasan. Namun jika Kamu sudah berhasil menyelesaikan game ini dan bingung dengan ending yang ditawarkan, Kamu bisa melihat penjelasannya di internet. Ada banyak forum pecinta game yang membahas ending dari game Limbo ini.

Limbo dijual dengan harga Rp90.000, di Steam. Selain itu Limbo juga tersedia untuk iOS seharga Rp75.000, sedangkan untuk Android Rp65.000. Harga yang cukup mahal namun sebanding dengan pengalaman yang akan Kamu dapatkan. Kamu akan disuguhkan 40 chapter dalam game ini dan setiap chapter memberikan tantangan-tantangan baru.

limbo

Secara keseluruhan, Limbo memberikan pengalaman baru dalam bermain game puzzle. Limbo dengan mudah menjadi game terbaik yang pernah saya mainkan tahun ini. Jebakan dan rintangan yang ada dalam game ini dirancang dengan sangat pintar, unik dan kreatif. Namun disaat yang sama kita juga dapat menggunakan logika untuk menyelasaikannya karena Limbo bukanlah game puzzle yang pemecahannya terlalu “ajaib”. Kamu wajib punya game yang satu ini.


Oleh: Nanda Shafartama

loading...