Game | Duel Otak: Interaktif Bersama Lawanmu

0
216
views

Kini untuk beradu ilmu pengetahuan dengan orang lain Kamu tidak perlu melakukannya lagi di sekolah atapun di kampus. Kamu bisa melakukannya langsung dalam game Duel Otak. Game trivia yang memungkinkan Kamu untuk beradu ilmu pengetahuan dengan orang lain dari seluruh dunia.

kategori

Berbicara tentang game trivia, belum lama ini ada sebuah game trivia yang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di media sosial bernama Duel Otak. Dari judulnya mungkin Kamu mengira Duel Otak merupakan game hasil karya anak Indonesia, namun nyatanya Duel Otak merupakan besutan dari FEO Media dari Stockholm. Di negara-negara lain Duel Otak mempunyai namanya sendiri seperti Quizduell, Quizwanie dan sebagainya.

Bukan sekedar game trivia biasa, yang membuat Duel Otak sangat seru dan membuat ketagihan banyak orang adalah adanya sistem duel antar pemain yang memungkinkan Kamu untuk menantang atau ditantang teman guna adu kecerdasan. Pemain dengan jawaban benar paling banyak akan menjadi pemenangnya.

Game akan berlangsung sangat sederhana, jika berada di giliran pertama, Kamu bisa memilih kategori pertanyaan yang akan dijawab terlebih dahulu. Setiap ronde akan berisi 3 pertanyaan untuk masing-masing pemain. Setelah selesai menjawab pertanyaan, Kamu diminta untuk menunggu pemain lawan untuk menjawab pertanyaan yang sama. Jika Kamu bosan menunggu lawan menjawab pertanyaan, Kamu bisa memulai duel baru dengan orang lain.

Setelah pemain lawan selesai menjawab, Kamu akan mendapatkan pemberitahuan di smartphone dan Kamu bisa bermain kembali dan menjawab pertanyaan dari tema pilihan lawan. Game akan berlangsung selama enam ronde dengan pilihan kategori yang berbeda-beda sesuai pilihan pemain. Sembari menunggu, Kamu juga bisa menyapa lawan main dengan fitur chatting yang disediakan oleh Duel Otak.

pertanyaan

loading...

Pemilihan lawan bisa dilakukan dengan tiga cara. Pertama, Kamu bisa memilih lawan berdasarkan username yang didaftarkan pada saat awal game. Dalam hal ini, tentu lawan Kamu merupakan teman dekat karena harus mengetahui username-nya terlebih dahulu. Cara kedua adalah login menggunakan akun Facebook. Duel Otak akan mencari lawan untuk Kamu yang juga menggunakan Facebook untuk bermain Duel Otak. Cara yang terakhir adalah dengan memilih pemain acak yang nantinya lawan Kamu akan dipilihkan oleh Duel Otak secara random.

Kategori pertanyaan dalam kuis ini pun beragam. Mulai dari Musik & Hits, Sinema, Kuliner, Layar Kaca, Buku & Kata, Jelajah Ilmu, Sejarah Modern, Flora & Fauna, Olahraga & Permainan, Komik & Kartun, Iman & Kepercayaan dan masih ada kategori lainnya. Selain itu, jika Kamu merasa pertanyaan yang ada masih kurang, Kamu bisa mengirimkan pertanyaan ke pihak FEO Media. Jika dianggap kredibel, maka pertanyaanmu akan dipakai oleh Duel Otak. Selain itu, jika Kamu mengirimkan 5 pertanyaan, akun milik Kamu akan mendapat emblem khusus.

Duel Otak sendiri terbagi menjadi dua versi, yaitu Duel Otak Free dan Premium. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari kedua versi ini. Pemain Free maupun Premium masih bisa bermain di server yang sama. Yang membedakan adalah dalam versi Premium, Kamu bisa mengubah desain avatar dan warna user interface Duel Otak sesuka hati. Selain itu, dalam versi Premium Kamu bisa melihat statistik permainan. Kamu bisa melihat peringkat, jumlah permainan menang, kalah, dan seri, skor rata-rata, bahkan persentase kategori yang paling banyak dijawab benar.

menang-duel

Nilai minus di dalam game ini adalah iklan yang cukup mengganggu ketika permainan berlangsung. Namun iklan ini muncul hanya pada Duel Otak versi Free saja. Secara keseluruhan Duel Otak cukup seru untuk dimainkan, tampilan UI yang sederhana namun dapat dimengerti semua orang merupakan salah satu nilai plus dalam game ini, selain itu game ini juga dipenuhi dengan berbagai informasi yang mungkin Kamu belum tahu. Game ini tersedia di Apple App Store, Google Play, dan Windows Store.


Oleh: Nanda Shafartama

loading...