Fungsi DC-3 Pesawat Mauritania Diubah

0
307
views

Mauritania bukan negara kaya, kini penginderaan canggih melengkapi pesawat tua “Basler Turbo BT-67” itu.

Basler Turbo BT-67
Basler Turbo BT-67

Angkatan Udara Mauritus meningkatkan kemampuan untuk mengawasi wilayah yang luas dan jarang penduduk dengan meng-upgrade Basler Turbo BT-67 miliknya. Pesawat yang dibuat dengan badan milik DC-3 itu kini dilengkapi dengan kubah perangkat citraan dan sistem pendukung misi terpadu. Upgrade tersebut membuat pesawat warisan perang dunia kedua ini bisa melaksanakan tugas pengawasan tanpa mengubah fungsi awalnya sebagai pesawat angkut.

Citra yang didapat dari kubah dapat dikirim langsung ke perangkat telepon yang dibawa oleh pasukan khusus sehingga mereka bisa segera melakukan tindakan yang diperlukan.

BT-67 pada dasarnya merupakan DC-3, pesawat tua yang telah diproduksi sekira 16.000 ekor sejak 1936 hingga akhir 1940-an. Basler kemudian memperpanjang dan memperkuat badan pesawat, memasang mesin baru yang lebih bertenaga, memperkuat struktur pesawat, meng-upgrade avionik, serta memodifikasi sayapnya.

loading...

BT-67 mulai menjadi bagian dari angkatan udara Mauritania sejak tahun 1999, 50 tahun sejak DC-3 terakhir diproduksi. Amerika Serikat juga mengoperasikan seekor BT-67 yang telah di-upgrade dengan spesifikasi sama namun dilengkapi dengan FLIR (forward looking infrared) sedangkan milik Mauritania minus FLIR. BT-67 Amerika Serikat digunakan untuk memberantas penyelundupan narkoba.

Angkatan Udara Mauritania bukan tidak mengenal alat elektonik canggih. Menurut FLIR Systems, produsen FLIR, Mauritania memiliki pesawat serang ringan Super Tucano yang dilengkapi dengan kubah Star SAFIRE III. Namun, BT-67 memiliki daya jelajah yang lebih baik.

L-3 Wescam, produsen perangkat citraan elektronik terkemuka mengatakan, Mauritania sudah menerima dua buah sensor MX-15. Namun satu sensor telah dipasang di pesawat Cessna 208 Caravan. Sedangkan Angkatan Udara Mauritus tidak pernah mengoperasikan Caravan. Sangat mungkin bahwa sensor lainnya telah terpasang di BT-67. Sensor tersebut sangat cocok untuk misi pengintaian dan pengawasan, SAR, pun misi intelijen.

Sumber: Janes

Penulis: Lucky Lukmanul H @bejo_junior

Editor: Aef Anas @a_ef

loading...