Pengencer darah adalah obat yang seperti namanya mempunyai fungsi untuk dapat mengencerkan darah. Obat ini sendiri diperlukan ketika pasien mengalami penggumpalan darah yang dapat berbahaya karena dapat memicu penyakit yang lebih berbahaya seperti jantung dan stroke. Selain untuk mencegah peah penyakit yang berbahaya, obat ini juga diperlukan untuk beberapa kondisi penyakit seperti penyakit jantung, penyakit pembuluh daerah, kelainan jantung bawaan, penggantian katup jantung, dan juga pasien setelah operasi yang dapat mengalami penggumpalan darah. Selain obat pengencer darah yang bisa didapatkan di apotek, ada juga jenis obat untuk mengencerkan darah secara alami. Dimana jenis bahan-bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah dan efektif untuk mengatasi penggumpalan darah adalah:

  1. Kunyit
    Bahan alami pertama yang bermanfaat untuk mengatasi masalah penggumpalan darah sehingga dapat mengencerkan darah adalah kunyit. Dimana cara kerja utama dari bahan ini adalah untuk mencegah trombosit menggumpal sehingga tidak akan menyebabkan penggumpalan darah yang dapat memicu penyakit yang berbahaya. Kunyit sendiri dapat dijadikan sebagai obat untuk mengencerkan darah karena mempunyai kandungan kurkumin yang mempunya peran sebagai antikoagulan. Antikoagulan tersebut dapat untuk mencegah penggumpalan darah dengan cara kerja menghambat faktor yang dapat menyebabkan pembekuan darah. Sehingga dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kunyit seperti bumbu kari dapat sebagai cara ambuh untuk mencegah penggumpalan darah.
  2. Jahe
    Bahan alami selanjutnya yang dapat ditemukan di dapur dan bisa digunakan sebagai bumbu dapur dan juga bahan makanan ataupun minuman adalah jahe. Bahan ini mempunyai kandungan aspirin yang mempunyai manfaat untuk pengencer darah yang sangat efektif. Bahan ini mempunyai efek antikoagulan alami yang dapat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah. Cara konsumsi bahan ini sendiri sangat mudah dan akan mempunyai manfaat yang sama yaitu dengan dikonsumsi mentah, air jahe, ataupun digunakan sebagai bumbu makanan.
  3. Bawang putih
    Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk pengencer darah adalah bawang putih. Dimana bawang putih ini mempunyai sifat antibiotik alami dan juga antimikroba. Bawang putih juga mempunyai kandungan antikoagulan seperit kunyit, dimana dalam bawang putih mempunyai kandungan alisin yang menjadi antikoagulan. Di dalam penelitian juga menyebutkan bahwa bawang putih mempunyai antitrombotik yang mempunyai manfaat untuk mengurangi penggumpalan darah. Sehingga bagi Anda yang mempunyai masalah penggumpalan darah bisa untuk menggunakan bahan alami yang satu ini dengan manfaat dapat untuk mengencerkan darah walaupun hanya sebentar.
  4. Nanas
    Bahan alami selanjutnya yang dapat untuk mengatasi masalah penggumpalan darah adalah nanas. Buah ini mempunyai kandungan senyawa bromelain yang dapat digunakan untuk mencegah pembekuan darah. Hal tersebut didapatkan dari penelitian tahun 2012 yang menyimpulkan bahwa bromelain dapat untuk menghambat pembuatan fibrin di dalam tubuh yang merupakan penyebab penggumpalan darah. Selain manfaat itu, nanas juga mempunyai enzim yang bermanfaat untuk dapat mengatasi radang karena bersifat anti-radang.
  5. Kacang almond
    Bahan alami selanjutnya yang terkenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan adalah kacang almond. Bahan ini juga bisa digunakan sebagai obat pengencer darah alami karena mempunyai kandungan vitamin E yang ada pada kacang almond. Dimana vitamin E juga merupakan kandungan terbaik yang dapat untuk mencegah penggumpalan darah dan efektif untuk mengencerkan darah. Dalam kacang almond sendiri terdapat antikoagulan ringan yang dapat untuk bermanfaat sebagai obat alami terbaik bagi Anda yang menderita penggumpalan darah.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *