Benamkan Brasil, Belanda Rebut Juara Ketiga

0
96
views

Brazil gagal mengembalikan harga diri di laga hiburan.belanda

Walaupun sebelumnya berujar bahwa perebutan juara ketiga tidak perlu digelar, Louis van Gaal tetap mengeluarkan kekuatan penuhnya. Namun, Wesley Sneijder tidak jadi diturunkan karena cedera hamstring saat pemanasan dan digantikan oleh Jonnathan De Guzman.

Sementara itu, Thiago Silva kembali memperkuat lini belakang Brasil setelah sebelumnya harus menjalani sanksi larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning. Neymar juga terlihat ikut duduk di bangku cadangan, walaupun sama sekali tidak dimainkan.

Belanda berhasil membuka keunggulan berkat hadiah penalti yang didapat setelah Arjen Robben dilanggar di kotak terlarang oleh Silva. Robin Van Persie tidak menyia-nyiakan kesempatan emas ini dan berhasil menyarangkan bola ke gawang Julio Caesar. Keputusan wasit Djamel Haimoudi asal Aljazair cukup kontroversial karena Silva dianggap layak mendapat kartu merah mengingat terlihat jelas bahwa Silva merupakan pemain terakhir yang menghadang Robben.

Tidak cukup sampai disitu, Belanda memperlebar jarak setelah Daley Blind berhasil mencetak gol pertamanya di piala dunia. David Luiz yang salah mengantisipasi umpan tarik dari Georginio Wijnaldum membuang bola tepat ke kaki Blind yag tak terkawal dan dengan mudah melesakkan bola ke gawang Caesar.

loading...

Skor 2-0 untuk kemenangan Belanda bertahan hingga turun minum. Tercatat, sepanjang babak pertama Belanda melakukan lima kali tendangan, tiga diantaranya mengarah ke gawang, dan dua diantaranya berbuah gol. Sedangkan Brazil melakukan empat kali sepakan dan hanya satu yang mengarah ke gawang.brasil

Di hadapan pendukungnya sendiri, sang juara dunia 5 kali  tidak mampu mengejar ketertinggalan walaupun memiliki banyak sekali peluang. Brasil sempat memiliki harapan atas hadiah tendangan penalti setelah Oscar menghantam Blind terjatuh di kotak terlarang. Namun sialnya Oscar dianggap melakukan diving dan diganjar kartu kuning. Sementara itu Blind harus ditarik keluar setelah mengalami cedera akibat dihantam oleh Oscar dan digantikan oleh Daryl Janmaat

Terlalu asik menyerang, Brasil kembali kecolongan setelah Wijnaldum berhasi menyambar umpan tarik dari Janmaat yang gagal ditepis oleh Caesar dan bersarang di gawangnya.  Di menit-menit akhir pertandingan, Estadio Nacional de Brasilia dipenuhi cemoohan dari pendukung Tim Samba karena para pemain Brasil bermain buruk. Sementara itu, Jasper Cillesen digantikan oleh Michel Vorm, yang berarti semua pemain Belanda yang dibawa Van Gaal telah dimainkan.

Skor 3-0 bertahan hingga akhir laga. Caesar dan pemain-pemain bertahan Brasil kembali bermain buruk dihadapan pendukungnya sendiri. Sementara itu, Belanda berhasil merebut juara ketiga dan mengembalikan harga diri Timnas Belanda.

Penulis: Lucky Lukmanul H @bejo_junior

loading...