Belanda Akhiri Perlawanan Kosta Rika

0
168
views

Kosta Rika akhirnya tersingkir dari gelaran Piala Dunia setelah mampu menahan imbang  Belanda tanpa gol selama 120 menit.krul

Setelah Frustasi tidak mampu mencari celah pertahanan Kosta Rika, Belanda akhirnya melenggang ke babak semi-final setelah memenangi adu penalti dengan skor 4-3. Tim Krul tampil gemilang dan menjadi pahlawan Belanda dalam laga ini, walaupun hanya tampil pada babak adu penalti.

Laga babak pertama berjalan sengit. Baik Kosta Rika maupun Belanda sama-sama bermain bagus dan konsisten, akibatnya, duel sengit tidak jarang terjadi di lini tengah. Tembakan ke gawang pertama baru berhasil dilesakkan di menit ke-21 yang dilesakkan oleh Robin Van Persie.

Kosta Rika sangat beruntung sang kiper Keylor Navas tampil brilian di babak pertama. Peluang Van Persie yang sering lolos dari kawalan bek Kosta Rika selalu dimentahkan oleh Navas. Bahkan Navas berhasil menghalau tendangan keras hasil sepakan tendangan bebas Wesley Sneijder. Tercatat Navas melakukan penyelamatan sebanyak empat kali di babak pertama.

Kapten timnas Belanda, Van Persie nampaknya belum menemukan performa terbaiknya sejak menyumbang dua gol saat mempermalukan Spanyol (14/6). Van Persie terlihat kurang konsentrasi dan kerap terjebak offside. Peluang-peluang yang didapatkan pun lebih banyak terbuang sia-sia.

loading...

Kosta Rika masih bisa tampil enerjik walau di laga sebelumnya harus berjibaku melawan Yunani di 16 besar (29/6) hingga babak adu penalti. Belanda yang hanya bermain 90 menit ketika menundukkan Meksiko (29/6) tentu lebih bisa mendominasi permainan. Namun, hingga turun minum, Belanda gagal mencuri keunggulan.

Babak kedua laga yang dipimpin wasit Ravshan Irmatov asal Uzbekistan berlangsung lebih sengit. Kosta Rika nampaknya tidak memiliki rasa letih. Mereka mampu menahan gempuran Belanda sembari sesekali membalas dengan serangan balik cepat yang berbahaya.

Hingga akhirnya, Kosta Rika mampu memaksa Belanda berjibaku hingga babak adu penalti. Di menit ke-15 babak kedua, Louis Van Gaal memutuskan untuk mengganti kiper Jasper Cillesen dengan Krul yang mempunyai postur lebih tinggi dan lebih kekar. Selain itu, Cillesen juga belum pernah menggagalkan sepakan penalti sepanjang karirnya.

Keputusan Van Gaal berbuah manis, Krul berhasil menebak semua tendangan penalti yang dilesakkan oleh pemain Kosta Rika, namun hanya mampu menggagalkan dua dari lima sepakan Kosta Rika, yaitu dari Bryan Ruiz dan sepakan terakhir yang dilesakkan Michael Umana. Di semi-final nanti, Belanda sudah ditunggu oleh Argentina yang berhasil menjegal Belgia dengan skor 1-0 di pertandingan sebelumnya (6/7).

Penulis: Lucky Lukmanu H @bejo_junior

loading...