Baterai MacBook Pro Terbaru Tidak Bertahan 10 Jam Seperti yang Diiklankan?

0
131
views

Setelah membeli MacBook Pro yang dilengkapi dengan Touch Bar, pengguna mengklaim MacBook Pro yang mereka beli tidak bertahan sampai 10 jam.

Ini mejadi topik yang hangat di beberapa forum, pasalnya Apple menjanjikan MacBook Pro mereka bisa bertahan selama 10 jam.

Dirangkum dari Macrumors, berikut adalah beberapa pengakuan pengguna yang mengalami boros baterai,

Member SRTM

Saat ini saya sedang menyalakan monitor eksternal beresolusi 1080p dan browsing santai dengan Chrome. Dari baterai pengisian penuh, saya hanya mendapatkan waktu 3 jam sebelum baterai habis. Dengan ditambah bermain game bahkan bisa kurang.

Member Aioriya

Saya membeli versi 13 inci MacBook Pro Touch Bar dan sudah saya gunakan selama satu minggu. Dengan pemakaian ringan, saya hanya mendapatkan waktu 5-6,5 jam secara konsisten selama browsing. Padahal Apple mengklaim produknya bisa bertahan selama 10 jam untuk browsing website dengan koneksi nirkabel.

***

macbook pro 2016 touch bar tersapacom

loading...

Namun kondisi yang sama tidak terjadi pada pengguna MacBook Pro bernama Andrew J. Dia menggunakan MacBook Selama 90 menit tanpa henti dan baterai MacBook Pro menunjukan indikasi 92%.

Saya bekerja non stop selama 1,5 jam dengan konsisten menggunakan email, Safari, kalender, pesan, mengatur file-file, mengubah beberapa file PDF di Adobe Acrobat DC dan membuat rancangan keuangan di Excel. Saya memulai dari baterai 100% dan sekarang masih 92%, dengan indikasi baterai yang mengestimasikan masih bisa bertahan selama 10 jam 35 menit. Jika kalian tidak mendapatkan waktu sepanjang ini, kalian sebaiknya memeriksakan baterai MacBook Pro kalian.

Beberapa pengguna sampai berspekulasi kalau baterai yang boros disebabkan oleh penggantian kartu grafis Intel ke AMD Radeon Pro GPU yang dikenal boros baterai.

Menanggapi ini, Apple angkat bicara seputar pernyataan mereka bila MacBook Pro bisa sampai bertahan 10 jam. Apple menguji MacBook Pro melalui uji browsing dengan koneksi nirkabel pada 25 website populer dengan tingkat kecerahan di level 12 atau 75%. Mereka menguji ketahanan baterai dengan memutar film dari iTunes beresolusi HD 1080p pada tingkat kecerahan 12 atau 75%. Dan terakhir menguji waktu siaga dengan tetap terhubung ke wireless network, masuk ke akun iCloud, masuk Safari, dan aplikasi email, sementara sisanya dibiarkan default.

Apple menambahkan bahwa lama waktu baterai juga ditentukan oleh penggunaan di luar uji tes yang dilakukan oleh Apple. Sebaiknya pengguna mematikan fitur yang tidak terpakai, seperti WiFi saat tidak terhubung. Hal tersebut mungkin sepele, tetapi bermanfaat untuk menambah waktu pemakaian MacBook Pro.

loading...