Line cloverqq Terbaik
Line cloverqq Terbaik

Rabu adalah hari yang paling ditunggu karena biasanya tim Gadgetren akan membahas permasalahan yang sering terjadi pada smartphone. Kali ini tim Gadgetren berhasil mendapatkan pertanyaan baru bagaimana cara memainkan game virtual reality (VR) di smartphone mereka. Sekilas, virtual reality sendiri menjadi populer di kalangan banyak orang dengan hadirnya banyak penggemarnya di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Namun seiring berjalannya waktu teknologi VR ini dapat diaplikasikan pada smartphone sehingga dapat dibawa secara mobile menggunakan perangkat VR yang terhubung dengan smartphone. Menariknya, konten VR sudah banyak hadir di smartphone, mulai dari video, game, hingga aplikasi seru.

Untuk itu, bagi perangkat yang ingin memainkan game virtual reality (VR) di smartphone dapat mempertimbangkan beberapa aspek berikut:

Ponsel cerdas memiliki giroskop

Giroskop adalah sensor untuk mengukur dan mempertahankan orientasi yang mengikuti prinsip momentum sudut. Dengan giroskop ini, memungkinkan smartphone mengenali rotasi atau gerakan tiga dimensi sehingga sistem bisa mengikutinya.

Jika Gadgeter mengaktifkan perangkat VR yang terhubung ke smartphone, Gadgeter memerlukan Giroskop agar game dan konten VR dapat mengenali orientasi berorientasi pengguna. Smartphone jaman sekarang biasanya memiliki giroskop.

Tidak perlu mahal untuk membeli smartphone yang dilengkapi giroskop karena dua vendor di seluruh dunia, seperti Xiaomi dan ASUS, telah menghadirkan smartphone murah yang mendukung sensor tersebut. Zenfone Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5 juga dibanderol secara ekonomis dengan giroskop.

Spesifikasi perangkat keras

Kini rata-rata video dan game VR membutuhkan smartphone dengan spesifikasi hardware menengah hingga tinggi agar konten VR bisa berjalan dengan lancar. Seperti ASUS Zenfone Max Pro M1 yang memiliki Snapdragon 636 Octa-core, RAM dengan pilihan 3GB, 4GB atau 6GB, dan penyimpanan internal dengan pilihan 32GB atau 64GB, dan memiliki harga yang wajar itu adalah smartphone yang mampu berjalan. Konten VR. tidak masalah.

Perangkat VR

Selain membutuhkan smartphone dengan giroskop dan spesifikasi hardware medium hingga tinggi, perangkat VR juga dibutuhkan agar bisa disematkan ke kepala pengguna dan memiliki tombol untuk mengontrol konten VR. Menariknya, ada perangkat VR murah seperti Google Cardboard hingga yang mahal seperti Samsung Gear VR.

Ini hanyalah beberapa shareware pengaturan tujuan yang dapat Anda gunakan untuk menikmati game dan video VR. Untuk ini, perangkat dapat melihat apakah smartphone mereka memiliki giroskop atau tidak menggunakan Sensor Box atau aplikasi CPU-Z yang dapat diunduh dari Google Play Store.

By eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *