Asian Games 2018: OCA Setuju, Indonesia Jadi Tuan Rumah

0
245
views
Gelora Bung Karno
Gelora Bung Karno

Badan Eksekutif Dewan Olimpiade Asia (OCA) akhirnya menyetujui Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Pernyataan ini dikeluarkan di Incheon, Korea Selatan, Jumat lalu (19/9). Pernyataan ini menyusul mundurnya Vietnam sebagai tuan rumah karena masalah dana.

“Hari ini badan eksekutif telah menyetujui Asian Games 2018 akan diadakan di Jakarta, Indonesia,” ujar Presiden OCA, Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sadah. Sidang pleno OCA akan berlangsung Sabtu (20/9), yang agendanya juga akan mengesahkan penunjukan tersebut.

loading...

Namun, Sheikh Ahmad menambahkan bahwa pertemuan sebelumnya telah memberikan dia wewenang untuk menunjuk pengganti Vietnam.

Pertemuan eksekutif OCA itu berlangsung menjelang dibukanya Asian Games di Incheon yang diikuti sekitar 13 ribu atlet dan official dari 45 negara.

Vietnam yang sebelumnya ditunjuk menjadi tuan rumah, mundur karena krisis dana yang mereka alami. Indonesia menjadi kandidat terkuat, karena kandidat lain dianggap kurang serius.

OCA sendiri menjadwalkan Asian Games menjadi 2019 untuk mengantisipasi Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan yang akan diadakan pada 2018.

Namun, jika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah, Indonesia akan meminta waktu penyelenggaraan dimajukan menjadi 2018 karena pada tahun 2019 bertabrakan dengan pemilihan presiden.

 Editor: Aef Anas @a_ef

loading...