Asian Games 2014: Richard Mainaky Waspadai Permainan Kotor Tuan Rumah

0
162
views
Tantowi Ahmad/ Lilyana Natsir
Tantowi Ahmad/ Lilyana Natsir

Tantowi Ahmad/ Lilyana Natsir sudah dipersiapkan untuk mengikuti nomor individu di sektor Ganda Campuran yang akan dimulai besok (24/9). Namun, pelatih Ganda Campuran, Richard Mainaxy menyatakan kekhawatirannya terhadap beban emas yang dipegang oleh Owi/ Butet, sapaan akrab Tantowi dan Lilyana.

Kekhawatiran Richard diutarakan di TVRI. Ketika ditanya mengenai siapa yang patut diwaspadai, pelatih Ganda Campuran ini mengakui atlet Indonesia harus mewaspadai atlet asal Tiongkok dan tuan rumah, Korea Selatan.

loading...

“Secara teknik, kami mewaspadai Tiongkok. Namun secara non-teknis, Korea Selatan harus sangat diperhatikan, terutama status mereka sebagai tuan rumah,” ujar Richard.

Pernyataan Richard cukup beralasan. Korea Selatan dianggap terlalu sering bermain “kotor” untuk mendapatkan apapun, terutama untuk memuluskan langkah mereka bersaing dengan Tiongkok di tabel perolehan medali. Korea Selatan bisa saja melakukan apapun agar gap antara mereka dengan Tiongkok tidak terlalu banyak.

“Meski akan mendapatkan perlawanan ketat dari Indonesia, Jepang atau pun Korea Selatan, saya yakin Tiongkok mampu berbuat banyak. Namun, saya khawatir dengan wasit dan hakim garis di sana,” ujar Kepala Pelatih Tiongkok, Li Yongbo

“Mereka (wasit Korea) sudah terkenal seperti itu (curang). Banyak atlet dari negara lain telah mengalami hal tersebut, termasuk Tiongkok. Namun, jika mereka membuat keputusan yang benar, tentu kita akan senang,” pungkasnya.

loading...