Asian Games 2014: MVP, Jatuh ke Siapa?

0
152
views

Siapakah peraih Most Valuable Player tahun ini?

Lin Dan
Lin Dan

Asian Games, ajang empat tahunan yang September ini akan diselenggarakan di Incheon, Korea Selatan, telah menggunakan sistem MVP (most valuable player) sejak 1998. Lin Dan telah merebut gelar individu prestisius itu empat tahun silam. Lalu, siapa saja atlet selain Lin Dan yang berhasil merebut gelar tersebut?

Gelar MVP itu baru muncul di Asian Games ke-13 di Bangkok, Thailand. Adalah Samsung yang menginisiasi gelar tersebut dengan tetap melibatkan OCA serta panitia pelaksana Asian Games.

Penilaian pun tak melulu dari OCA. Para jurnalis, mantan atlet dan eksekutif Samsung juga ikut meramaikan. Pemilihan dilakukan oleh para jurnalis yang memiliki akreditasi.

Sejauh ini baru empat atlet yang beruntung meraih gelar bergensi tersebut. Di antara atlet-atlet terbaik itu, terdapat dua atlet asal Jepang, Koji Ito pada edisi pertama dan Kosuke Kijatama empat tahun kemudian.

Pada Asian Games 2006 silam, Park Tae Hwan diganjar sebagai atlet terbaik, dan Lin Dan, atlet bulutangkis asal Tiongkok, meraih gelar prestisius tersebut empat tahun kemudian.

Lin Dan diganjar sebagai pemain terbaik setelah menyingkirkan empat pesaing lainnya. Selain mendapatkan trofi, Lin Dan juga memperoleh uang tunai.

loading...

Kala itu, 2000 jurnalis peliput Asian Games ikut ambil bagian pada 22-23 November, dan munculah nama-nama sebagai kandidat atlet terbaik: Liu Xiang (atlet lari gawang), Sun Yang dan Yang Ti (perenang) dan Lin Dan (bulutangkis). Selain itu, ada atlet asal Korea Selatan, Park Tae Hwan (perenang) yang ikut ambil bagian meramaikan kandidat MVP.

Lin Dan berhasil menampilkan permainan luar biasa dengan meraih dua emas; tunggal putra dan beregu putra, pun sanggup menyabet gelar pemain terbaik. Lin Dan dianggap layak karena keuletan yang dimiliki di atas lapangan.

Park Tae Hwan yang menjadi mesin emas bagi Korea Selatan di Asian Games 2006 silam, menyumbangkan tiga emas, dua perak dan dua perunggu di umur dia yang masih 20 tahun!

Hwan berhasil menyingkirkan atlet renang Tiongkok, Yang Wei, Jaspal Rana (India), Pang Jiaying (China) dan Liu Xiang (China).

Hwan yang menjadi spesialis gaya bebas, tampil sangat cemerlang kala itu. Emas disumbangkan di nomor 100 m, 200 m dan 400 m gaya bebas. Ada pun perak didapatkan melalui nomor 1500m dan 4×100 m estafet gaya ganti. Perunggu diraih dari nomor 4×100 m dan 4×400 m gaya bebas.

Sebelumnya, duo Jepang yang berjaya di Busan, Korea Selatan, 2002, perenang Kitojima Kosuke meraih gelar MVP. Tiga emas berhasil diraih perenang spesialis gaya dada tersebut. Sedangkan pada edisi empat tahun sebelumnya, atlet atletik asal Jepang, Koji Ito berhasil menyabet gelar MVP karena memenangkan dua emas.

Beriku daftar nama peraih gelar MVP Asian Games:

2010: Lin Dan (China)

2006: Park Tae Hwan (Korea Selatan)

2002: Kitajima Kosuke (Jepang)

1998: Koji Ito (Jepang)

Editor: Aef Anas @a_ef

loading...