Apple Buat Langkah Awal Detoksifikasi Pabrik

0
210
views

Tiongkok sering disebut sebagai pabriknya dunia; memproduksi lebih dari setengah komputer dan telepon genggam di dunia. Tentu saja ada konsekuensi kerusakan alam yang menanti, maka jelas langkah yang diambil perusahaan-perusahaan besar seperti Apple akan memiliki dampak yang signifikan.

Selasa lalu, Apple mengumumkan komitmen untuk menghentikan penggunaan komponen-komponen berbahaya di dalam pabriknya sendiri. Dalam hal ini termasuk berhenti menggunakan dua komponen berbahaya, benzene dan n-hexane, yang biasa digunakan oleh agen kebersihan. Komitmen Apple ini dimunculkan setelah adanya tekanan dari China Labor Watch dan Green America yang memaksa Apple menghentikan penggunaan komponen-komponen berbahaya.

loading...

Untuk pertama kalinya juga, Apple memublikasikan regulasi spesifikasi komponen–list yang menunjukkan komponen-komponen yang dilarang. Apple memang bukanlah perusahaan pertama yang mengeluarkan list seperti itu, tapi dengan bergeraknya Apple, tentu menjadi langkah besar ke depannya agar bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya.

Komitmen Apple menunjukkan bahwa ada kalanya perusahaan mendengar permintaan konsumen. Itu juga menunjukkan bahwa mereka bisa dan harus bertanggungjawab.

 Penulis: Fauzi Ananta @notfauziananta

Editor: Aef Anas @a_ef

loading...