Apa Itu Dopamin? Ini Efek pada Tubuh dan Cara Meningkatkannya

Anda mungkin pernah mendengar apa itu dopamin. Zat-zat yang berhubungan dengan saraf ini selalu dikaitkan dengan hormon atau kepuasan yang membahagiakan. Ketika Anda mendapatkan sesuatu yang Anda inginkan, kegembiraan yang timbul disebabkan oleh pelepasan dopamin dalam jumlah besar. Dopamin adalah neurotransmitter yang diproduksi oleh otak untuk reaksi yang dialami tubuh. Obat ini dilepaskan ketika Anda menerima hadiah atau sesuatu yang memuaskan. Semuanya dapat menyebabkan pelepasan dopamin, bahkan jika itu adalah sesuatu yang sangat sederhana.

Beberapa hal yang dapat meningkatkan jumlah dopamin dalam tubuh adalah makanan. Ketika Anda makan makanan enak dan semua yang diinginkan, perasaan puas secara alami akan meningkat. Meski harga makanannya tidak mahal. Anda merasa telah menerima hadiah yang luar biasa. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh adalah berbelanja. Jika Anda suka berbelanja sekali dan memilih sesuatu, Anda bisa mendapatkan kesenangan dan kepuasan. Selain seks yang intens, itu juga bisa memberikan kepuasan dan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

Selain memberi kepuasan dan menjadi bahagia, penampilan dopamin dalam tubuh juga terkait dengan fungsi organ dalam tubuh. Naik atau turunnya dopamin dalam tubuh merasakan perbedaannya. Ketika tingkat dopamin dalam tubuh meningkat, kebahagiaan muncul dan Anda merasa nyaman. Kondisi ini muncul kapan saja, terutama karena ada banyak pemicu.

Sebaliknya, jika tingkat dopamin jatuh atau kekurangan, tubuh akan mengalami efek samping. Efek samping yang mungkin terjadi termasuk kurangnya konsentrasi, berkurangnya motivasi tubuh, koordinasi tubuh yang buruk dan masalah dengan gerakan bebas. Sebaliknya, sebanding dengan kurangnya dopamin dalam tubuh, jika Anda mengalami kelebihan dopamin, tubuh akan mengalami halusinasi, delusi untuk manisa. Hal serius lain yang mungkin terjadi adalah obesitas dan kecanduan sesuatu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *