A Note Before Have A Trip

0
155
views

travel3

Riset mini sebelum melakukan perjalanan sangat penting dilakukan agar dapat mengantisipasi hal yang tidak terduga. Riset tersebut berhubungan dengan transportasi, penginapan, biaya hidup, dan tentu saja objek wisata yang akan dituju nantinya. Berikut ada beberapa tips untuk kalian yang ingin berlibur:

TRANSPORTASI

– Pikirkan dengan matang tentang moda transportasi apa yang akan anda gunakan. Membeli tiket pulang-pergi sekaligus sangat dianjurkan.

– Pertimbangkan waktu keberangkatan, harga tiket, dll karena itu semua juga bakal menentukanbudget yang perlu anda persiapkan.

– Sebelum memulai perjalanan, tanyakan semua hal kepada orang yang lebih tahu, misalnya tarif, trayek, dsb. Intinya perkayalah referensi anda sebelum bepergian agar tidak kebingungan selama dalam perjalanan.

– Jangan bawa barang berlebihan, selain merepotkan juga rawan jadi sasaran aksi kejahatan.

PENGINAPAN

Budget. Itu yang utama dalam penentuan aspek satu ini. Ada uang ada barang, jika mencari kenyamanan dan pelayanan ekstra maka anda perlu mengalokasikan uang lebih. Tapi tenang, masih banyak banget penginapan murah untuk para backpacker kok :)

– Pilih penginapan yang nyaman sesuai anggaran selain itu juga pikirkan tentang lokasi dan akses transportasi di sekitar penginapan.

loading...

– Cari informasi seakurat mungkin tentang penginapan yang anda pilih. Jika sudah yakin, segera pesan kamar agar tidak kehabisan.

– Pelayan di penginapan adalah partner dalam memahami seluk-beluk daerah yang anda kunjungi. Jangan sungkan bertanya kepada mereka, malu bertanya sesat di jalan lho kawan.

– Biasakan rapi saat di penginapan, nantinya akan memudahkan anda saat packing sebelum pulang. Mencegah agar tidak ada barang yang tercecer atau tertinggal.

BIAYA HIDUP

– Lagi-lagi masalah uang, jangan sepelekan hal yang satu ini. Makan, jajan, oleh-oleh juga berpengaruh besar dalam anggaran. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

– Beli seperlunya saja, jangan kalap belanja nanti justru akan menyulitkan saat packing sebelum pulang.

OBJEK WISATA

– Rencanakan dengan matang antara alokasi waktu dan objek wisata yang akan dikunjungi. Urutkan dari yang paling jauh sampai yang paling dekat dengan lokasi menginap.

– Cari informasi selengkap mungkin mengenai objek wisata, tetap berhubungan dengan ketiga aspek yang sudah dibahas di atas.

– Dokumentasi, tanpa hal itu liburan terasa kurang afdhol. Persiapkan kamera atau apapun yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen selama liburan, jika perlu bawa juga baterai dan memori tambahan.

Yap! Itulah beberapa tips buat anda yang ingin ber-vacation, semoga mujarab dan bermanfaat.

Penulis: Gharin Putra Y

Diambil dari blog pribadi atas izin sang penulis, yanotamadventure.wordpress.com

loading...