13 Desember dalam Sejarah

0
512
views

Banyak orang yang beranggapan bahwa 13 adalah angka sial atau unlucky number. Kira-kira apa saja ya peristiwa-peristiwa yang terjadi di tanggal 13 Desember? Yuk Intip!

  1. Deklarasi Djuanda tanggal 13 Desember 1957

Berdasarkan deklarasi ini, fungsi laut antara tidak lagi sebagai pemisah antar pulau-pulau di Indonesia, tetapi berubah menjadi alat pemersatu bangsa dan sebagai wahana bagi pembangunan, keamanan, dan pertahanan nasional. Presiden Abdurrahman Wahid kemudian menetapkan tanggal 13 Desember sebagai hari Kesatuan Nusantara Indonesia.

  1. Tragedi Berdarah 13 Desember Kota Tebing Tinggi

Pada 13 Desember 1945 silam, di tanggal ini pernah terjadi pembantaian massal terhadap warga sipil Tebing Tinggi oleh pihak militer Jepang

  1. Setelah 100 Tahun, Salju Turun di Mesir

Kejadian aneh terjadi di Kairo pada Jumat 13 Desember 2013. Cuaca aneh ini terjadi karena rendahnya curah hujan, dan suhu musim dingin yang selalu di atas titik beku. Salju merupakan suatu fenomena yang sangat tidak biasa di Kairo. Kota ini sebenarnya pernah mendapat fenomena serupa hanya saja itu terjadi 100 tahun lalu.

  1. Invasi Perancis ke Afrika Barat Dimulai

Pada 13 Desember tahun 1870, di belahan benua hitam juga terjadi peristiwa memilukan di mana militer Perancis menduduki wilayah Afrika Barat. Dalam operasi militer yang berlangsung selama sepuluh tahun tersebut, puluhan ribu tentara Perancis tewas atau terluka akibat perlawanan dari suku-suku dan pemerintahan lokal di Afrika Barat.

loading...
  1. Hijrah Besar-besaran Para Ulama Teheran ke Qom

Pada 13 Desember tahun 1904, di Timur Tengah terjadi peristiwa hijrah besar-besaran ke kota Qom, Iran, oleh para ulama Islam dan pejuang kebebasan Teheran.

  1. Abel Tasman Menemukan Selandia Baru

Pada 13 Desember 1642, seorang pelaut Belanda bernama Abel Tasman berhasil menemukan sebuah kepulauan di Pasifik Selatan. Daratan kepulauan baru tersebut kemudian dikenal sebagai Selandia Baru.

  1. Pemerkosaan Nanking

Pada 13 Desember 1937, Jepang berhasil menguasai ibukota China, Nanking. Diperkirakan, saat itu terdapat 200 ribu laki-laki dibunuh dan 20 ribu wanita diperkosa kemudian dibunuh. Peristiwa sadis ini kemudian dikenal dengan nama “Pemerkosaan Nanking”.

  1. Zionis Pindahkan Ibukota Israel

Pada tanggal 13 Desember 1949, Pemerintah Zionis Israel memindahkan ibukota negaranya ke Yerussalem yang kemudian memicu peperangan di Timur Tengah, dan terjadi karena Yerussalem merupakan kota suci tiga agama dunia, yaitu Islam, Nasrani, dan Yahudi.

  1. Lahirnya Penyanyi Country, Taylor Swift

Heits, tidak semua yang terjadi di tanggal 13 Desember adalah peristiwa mengerikan loh. Yup! Taylor Alison Swift, seorang penyanyi country berprestasi yang lahir pada 13 Desember 1989. Tay yang sangat identik dengan angka 13 ini selalu menulis angka 13 di tangannya dan menobatkan 13 sebagai angka keberuntungan. Bahkan, Tay sering menghadiri acara awarding dengan nomor kursi 13, atau di deretan huruf M (huruf ke-13).

Penulis: Esty Nadya Rafyanti

loading...